Tahun Ini Jokowi Rayakan Lebaran di Padang

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 05/07/2016 15:40 WIB
Tahun Ini Jokowi Rayakan Lebaran di Padang Presiden Joko Widodo usai meluncurkan program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan didampingi sejumlah Menteri dari Kabinet Kerja, Jumat,(1/7). (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam rangkaian kunjungan kerjanya, Presiden Joko Widodo dan rombongan akhirnya tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (4/7). Selain dalam rangka kunjungan kerja, kedatangan Jokowi ke Padang juga dalam rangka merayakan Lebaran di Ranah Minang tersebut.

Jokowi beserta Iriana dan rombongannya akan merayakan Lebaran bersama masyarakat di Padang. Jokowi mengaku kedatangannya ke Padang untuk merayakan Idul Fitri merupakan upaya untuk memenuhi janji yang pernah dibuatnya.

“Karena kemarin diminta pak Gubernur (Irwan Prayitno). Tahun lalu diminta pak Gubernur untuk bisa berlebaran di Padang. Ya iya, saya sudah janji, saya datangi,” ucap Joko Widodo usai salat tarawih di Masjid Nurul Iman, Padang, Senin (4/7).


Jokowi bertolak dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma bersama rombongan kepresidenan yaitu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana serta mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  Andrinof Chaniago.

Sesampainya di Padang, jadwal kunjungannya diisi dengan salat isya dan tarawih bersama masyarakat Padang di Masjid Nurul Iman. Usai tarawih, Jokowi langsung blusukan ke Kampung Seberang Pebayan, kelurahan Batang Arau, Padang Selatan. Jokowi bersilaturahmi dengan warga sekaligus membagikan paket bahan pokok dan buku tulis di halaman Masjid Al-Mukarramah.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi perayaan Idul Fitri yang dilakukan serempak. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijiriah jatuh pada tanggal 6 Juli 2016 mendatang, melalui sidang Isbat yang digelar Senin (4/7). Sebelumnya, pimpinan pusat Muhammadiyah juga menetapkan Idul Fitri pada tanggal yang sama.

Menyikapi perayaan serempak ini, Presiden Joko Widodo berharap hal tersebut bisa menjadi awal kebersamaan masyarakat Islam Indonesia di masa mendatang.

“Alhamdulillah, itu yang kita harapkan terus. Mulainya sama, nanti Idul Fitrinya juga sama. Kita selalu harapkan seperti itu,”


(chs)