Aksi 313 Di Tengah Kepungan Makar

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 31/03/2017 16:34 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Peserta Aksi 313 mendesak pemerintah segera mencopot Ahok dari jabatannya. Namun kepolisian justru menangkap salah satu pentolan aksi karena tudingan makar.

Para pengunjuk rasa bersiap melaksanakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat. 31 Maret 2017. Mereka hadir dalam Aksi 313 untuk mendesak pencopotan Ahok sebagai gubernur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Aksi mereka merupakan tindak lanjut aksi sebelumnya yakni mendesak aparat hukum untuk memenjarakan Ahok. Aksi sebelumnya dikenal dengan nama Aksi 411 hingga Aksi 412. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Aksi kali ini juga dihadiri oleh warga yang berasal dari luar Jakarta, macam Palembang hingga Banten. Pada Kamis malam, sebagian mereka sudah tiba di Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath menyerukan agar massa kali mendesak Presiden untuk mematuhi undang-undang yakni mencopot jabatan pejabat yang terkena kasus pidana. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Walaupun demikian, kepolisian justru berpikiran lain. Polisi menangkap pemimpin Aksi 313 karena tuduhan makar terhadap pemerintahan yang sah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat ini, kepolisian tengah memeriksa empat pemimpin Aksi 313 itu di Mako Brimob Kelapa Dua. Tim Pengacara Muslim akan memberikan bantuan hukum. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di sisi lain, aksi itu digantikan oleh para tokoh lainnya, salah satunya adalah mantan Ketua PAN Amien Rais. Pertemuan juga dilakukan oleh Amien dengan Menkopolhukam Wiranto. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Dalam aksi itu, massa juga mendapatkan logistik gratis dari pihak yang bersimpati dengan Aksi 313. Walaupun ada pula yang mengingatkan soal dugaan minuman berbahaya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Salah satu tuntutan kini adalah polisi segera membebaskan para pemimpin Aksi 313 sebelum pukul 18.00 WIB. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Usai pertemuan dengan Wiranto, salah satu tuntutan dalam aksi itu adalah pemerintah agar tak mengistimewakan Ahok. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Amien Rais juga mempertanyakan mengapa pemerintah tak kunjung menonaktifkan Ahok yang terjerat pidana, tak seperti para pejabat lainnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Massa aksi hingga kini masih menyuarakan tuntutan mereka. Rencananya, peserta aksi akan mengakhiri unjuk rasa itu dengan Salat Maghrib secara bersama. (CNN Indonesia/Safir Makki)