Ada 17 Kapal Cantrang Terbakar di Pati, Satu Orang Tewas

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 15/07/2017 18:05 WIB
Ada 17 Kapal Cantrang Terbakar di Pati, Satu Orang Tewas BNPB menyatakan saat ini petugas pemadam kebakaran masih kesulitan melakukan proses evakuasi karena akses jalan yang sempit. (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal cantrang milik nelayan yang terbakar di Pati, Jawa Tengah pada Sabtu siang (15/7) bertambah menjadi 17 kapal. Kebakaran itu menewaskan satu orang dan dua lainnya luka-luka.

"Kurang lebih 17 kapal cantrang terbakar, korban jiwa satu orang, luka-luka dua orang," kata Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/7).

Cantrang adalah salah satu alat penangkap ikan. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melarang penggunaan alat itu karena merusak lingkungan.

Sutopo menyatakan saat ini petugas pemadam kebakaran masih kesulitan melakukan proses evakuasi karena akses jalan yang sempit dan tidak bisa dilalui mobil pemadam kebakaran atau pun ambulans.


Kebakaran yang berlangsung sejak pukul 17.50 WIB itu terjadi di Sungai Kenongo, yang terletak di utara Pulau Seprapat, Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Selain itu, usaha pemadaman api juga masih terkendala peralatan. "Satu-satunya akses lewat Sungai Juana. Karena memang usaha pemadaman terkendala peralatan. Masih terus diupayakan." ujar Sutopo.

Sementara itu, agar kebakaran tak meluas, Sutopo mengatakan kapal-kapal lain yang berada di sekitar lokasi dijauhkan dari kapal yang terbakar.