Sandi Ajak Anak-anak Pulau Pramuka Ucap Terima Kasih ke Ahok

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 22/12/2017 15:39 WIB
Sandi Ajak Anak-anak Pulau Pramuka Ucap Terima Kasih ke Ahok Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengunjungi RPTRA di Pulau Pramuka. Di lokasi 'petaka' Al Maidah ini, Sandi sempat termenung di prasasti RPTRA yang diresmikan Ahok. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno termenung saat menatap prasasti Peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanjung Elang Berseri di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Pada prasasti peresmian itu terpampang nama Basuki Tjahja Purnama selaku Gubernur yang meresmikan RPTRA Tanjung Elang berseri.

Sandi terdiam beberapa saat sebelum bertanya pada beberapa staf pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu yang menemaninya berkeliling di Pulau Pramuka usai melaksanakan salat Jumat.


"Ini sebelum atau sesudah (insiden Al Maidah)?” kata Sandi ketika bertanya pada orang di sampingnya. Mimiknya serius tanpa mengalihkan pandangan ke prasasti peresmian itu.

Yang dimaksud Sandi adalah insiden pengucapan surat Al Maidah oleh Ahok dalam sebuah pidato di Pulau Pramuka pada 27 September 2016 lalu. Insiden inilah yang kemudian menjadi petaka untuk Ahok.

Dari insiden itu, Ahok harus menempuh proses hukum dan kemudian dipenjara dua tahun sebagaimana vonis hakim.

"Sebelumnya pak, habis (meresmikan) ini, baru datang lagi seminggunya. Nah itu di situ (insiden Al Maidah)," kata seorang staf yang berdiri di samping Sandi.

Mendengar penjelasan tersebut, Sandi kembali diam. Dia sesekali menganggukan kepala mendengar penuturan staf tersebut.

"Oh jadi datang lagi yah," kata Sandi mengulangi ucapan staf tersebut.

Setelah beberapa saat berdiri dan menatap nama Ahok dalam prasasti peresmian, Sandi pun berkeliling di RPTRA Tanjung Elang Berseri. Dia kemudian melihat anak-anak yang sedang bernyanyi lagu 'Tanah Airku' di salah satu pondok yang berada di kawasan tersebut.

Sandi kemudian diam sambil menunggu anak-anak itu selesai menyanyi. Baru setelah itu dia menghampiri anak-anak tersebut dan mengajak mereka berfoto bersama.

Selesai berfoto, Sandi kemudian mengajak anak-anak untuk mengucapkan terima kasih kepada Ahok atas jasanya yang telah membangun RPTRA Tanjung Elang Berseri di Pulau Pramuka.

"Ayo anak-anak bilang sama-sama terima kasih Pak Basuki," kata Sandi. (osc/djm)