Sandiaga Ingin Pajang 140 Buddy Bear Jerman di Monas

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Selasa, 09/01/2018 11:40 WIB
Sandiaga Ingin Pajang 140 Buddy Bear Jerman di Monas Usai bertemu Dubes Jerman, Michael Freiherr von Ungern-Sternberg, Wagub DKI Sandiaga Uno ingin memajang Buddy Bear (simbol toleransi Jerman) di kawasan Monas. (CNN Indonesia/Mesha Mediani).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno ingin Buddy Bear bisa dipajang dan dipamerkan di Kawasan Monas, Jakarta. Buddy Bear adalah simbol toleransi, kedamaian, dan kebersamaan dari Jerman.

Buddy Bear merupakan sebuah patung beruang besar setinggi dua meter. Total jumlah Buddy Bear mencapai 140 buah dan merupakan salah satu simbol kebanggan Jerman yang biasa dibawa berkeliling untuk dipamerkan ke negara-negara sahabat.

Keinginan Sandi memasang Buddy Bear itu dia sampaikan setelah bertemu Duta Besar Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern-Sternberg. Dalam pertemuan itu, Michael memperlihatkan replika mini dari Buddy Bear yang rencananya akan diboyong ke Indonesia.



Sandi menyebut, keinginan patung itu dipajang di Monas karena akan sangat cocok dengan tema toleransi yang ada di Jakarta. Apalagi Monas memang merupakan ikon Jakarta.

"Tadi ditunjukan replika patung ini, saya berharap bisa dipasang di Indonesia, di Jakarta, saya maunya di Monas. Ini kan simbol toleransi, cocok sekali jika dipasang di Monas," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta, Selasa (9/1).

Sandi mengatakan, sebenarnya banyak spot yang bisa digunakan untuk memasang etalase Buddy Bear. Namun dari sekian banyak tempat, Monas dianggap paling cocok jati tempat memajang lambang toleransi dari negara Jerman itu.

"Kalau kami masih dapat slot untuk memajang, dan saya harap masih dapat yah, Monas yang paling cocok, saya harap bisa di Monas. Ini simbol toleransi dan kebersamaan," kata dia.


Menanggapi hal itu, Michael pun menyambut baik keinginan Sandi untuk memajang Buddy Bear di kawasan Monas.

Apalagi hubungan Jakarta dan Berlin yang sudah terjalin sebagai sister city selama hampir 25 tahun, kata Michael, akan semakin mempererat persaudaraan antara dua negara.

"Pamerannya sudah keliling dunia, banyak negara, di Buenos Aires, Kairo, Tokyo, Hong Kong dan orang suka. Kami akan membawanya ke Jakarta dan itu ide yang baik. Karena tadi diminta oleh Wakil Gubernur untuk dibawa ke Jakarta, kami akan coba mewujudkan itu," ungkap Michael.


Tak hanya soal Buddy Bear, Michael bahkan mengundang Sandi untuk berkunjung kembali ke Kota Berlin. Sandi disebut Michael sebelumnya pernah mengunjungi kota tersebut untuk mengikuti lomba maraton.

"Ayo datang lagi, ke Berlin banyak destinasi bagus. Jangan cuma untuk maraton saja, bisa keliling dan selfie juga di sana," kata Michael yang disambut tawa oleh Sandi. (osc)