Jadi Cagub Jatim, Mensos Khofifah Digantikan Idrus Marham

Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia | Rabu, 17/01/2018 08:27 WIB
Jadi Cagub Jatim, Mensos Khofifah Digantikan Idrus Marham Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan melepaskan jabatannya hari ini, Rabu (17/1), di Istana Kepresidenan. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dipastikan akan diganti setelah mengundurkan diri untuk ikut pemilihan gubernur Jawa Timur.

Ia akan dilantik pagi ini di Istana oleh Presiden Joko Widodo.

"Jam 9 pelantikan di Istana," kata Staf Khofifah, Ari Kusuma kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/11).


Sebagai staf, Ari meminta maaf jika selama ini ada kesalahan yang dilakukan. Menurutnya, waktu sekitar tiga tahun bukan waktu yang singkat bagi Khofifah untuk menjadi menteri.

Sebagai pengganti, nama Idrus Marham santer disebut. Di sejumlah media, Sekretaris Jenderal Golkar ini mengamini kabar tersebut.

Di Pilkada Jatim, Khofifah berpasangan dengan Emil Listianto Dardak. Pasangan ini diusung oleh Golkar, Demokrat, Hanura, NasDem, PAN dan PPP.

Rencana perombakan kabinet hari ini juga dibarengi dengan pelantikan Marsekal Madya Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Moeldoko sebagai Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) dan Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Sementera kursi Menteri Perindustrian yang "dirangkap" jabatan oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan aman.