'The Mother of Satan' Milik ISIS Dipakai JAD Teror Surabaya

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 13:18 WIB
'The Mother of Satan' Milik ISIS Dipakai JAD Teror Surabaya Kapolri Tito ungkap keterkaitan teror Surabaya dengan ISIS. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Surabaya, CNN Indonesia -- Kapolri Tito Karnavian mengungkapkan jika kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD) Surabaya membuat bom pipa dengan bahan peledak triacetone triperoxide (TTATP).

Menurut Tito, bahan peledak TTAP sangat dikenal oleh anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Ini sangat dikenal di kelompok ISIS. Mudah dibuat dari bahan yang mudah diperoleh dan diramu sedemikian rupa," kata Tito saat konfrensi pers di Mapolda Jawa Timur, Senin (14/5).



Tito menjelaskan bahan TTATP sangat berbahaya. Di kalangan ISIS, bahan ini pun dikenal dengan sebutan 'the mother of satan'.

"TTAP dikenal dengan sebutan 'the mother of satan', ibu dari para setan. Karena bahan ledak tinggi," tambah Tito.


Jenis bom yang dipakai ISIS dan JAD itu berbeda dengan bom berjenis Trinitrotoluene (TNT) karena diperlukan detonator untuk meledakkannya.

"Kalau TTAP ini pakai guncangan atau panas bisa meledak sendiri. Makanya dinamakan the mother of setan," kata Tito.

Sebelumnya, Tito menyatakan terduga pelaku bom bunuh diri di tiga gereja dan Mapolrestabes di Surabaya, Jawa Timur masih terkait dengan kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT). Menurut dia, mereka adalah kelompok pendukung ISIS.

[Gambas:Video CNN] (DAL/asa)