Buka Bareng Anak Yatim, 'Keaslian' Anies Sempat Dipertanyakan

Patricia Diah Ayu Saraswati, CNN Indonesia | Minggu, 27/05/2018 19:19 WIB
Buka Bareng Anak Yatim, 'Keaslian' Anies Sempat Dipertanyakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat salat tarawih akbar di Istiqlal. Anies mengapresiasi acara buka bersama yang melibatkan ribuan anak yatim. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 1.650 anak yatim dan duafa mengikuti acara buka puasa bersama yang turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (27/5).

Acara tersebut diselenggarakan atas kerja sama HASTANA (Himpunan Penata Acara Pernikahan) dan Yayasan Andaru Selaras (YAS).

Dari pantauan CNNIndonesia.com, pihak panitia membagi tempat buka bersama menjadi dua lokasi, yakni di dalam ballroom dan di luar ballroom.


Kedua lokasi tersebut sama-sama dilengkapi dengan sebuah panggung sebagai tempat pengisi acara memberi hiburan bagi para anak yatim piatu yang hadir.

Saat jam berbuka puasa tiba, pengisi acara mengajak seluruh anak yatim untuk melafalkan doa berbuka puasa lebih dulu sebelum menyantap hidangan buka puasa.

Setelahnya, para anak yatim pun melakukan salat magrib berjamaah.


Anies sempat hadir untuk memberikan sambutan dan membuka acara buka puasa bersama tersebut.

Anies menceritakan saat membuka acara tersebut, dirinya mendapatkan pertanyaan lucu dari seorang anak.

"Dia tanya, ini Pak Anies asli bukan?," ujarnya.

Menurut Anies pertanyaan polos tersebut menandakan seorang anak memiliki dunianya tersendiri yang memang cendurung polos.
Buka Bareng Anak Yatim, 'Keaslian' Anies Sempat DipertanyakanRibuan anak yatim mengikuti acara buka puasa bersama di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (27/5). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)


Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini berharap meski anak-anak tersebut tidak memiliki orang tua, namun jangan sampai mereka kehilangan masa depannya.

"Kita semua berkewajiban agar mereka berkecukupan dan bisa hidup mandiri ke depan yang lebih baik," ujarnya.

Anies mengapresiasi pihak penyelenggara karena telah menyelenggarakan acara buka puasa bersama dengan anak yatim. Acara tersebut menurutnya menunjukkan masih ada kepedulian di Jakarta.

"Ini kesempatan untuk beramal apalagi pada anak-anak yatim Insya Allah pahalanya berlipat ganda," ucap Anies. (gil)