Enggan ke Istana, Amien Rais Persilakan Jokowi ke Rumahnya

FHR, CNN Indonesia | Rabu, 30/05/2018 18:49 WIB
Enggan ke Istana, Amien Rais Persilakan Jokowi ke Rumahnya Amien Rais mengklaim sejumlah pihak ingin mempertemukannya dengan Jokowi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus senior Amien Rais mengklaim ada sejumlah pihak yang berupaya mempertemukan dirinya dengan Presiden Joko Widodo. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional itu mengatakan, dirinya siap kalau memang Jokowi ingin bertemu. 

"Saya enggak perlu sebut nama-nama siapa, memang sebulan terakhir ada yang berusaha pertemukan saya dengan Pak Jokowi," ujar Amien saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu (30/5).

Namun, Amien tidak ingin jika dirinya yang datang ke Istana Negara. Ia khawatir hal itu akan menjadi isu bahwa dirinya menyambangi Istana karena ada kepentingan politik tertentu.

Oleh karena itu, Amien menginginkan pertemuan itu dilakukan di kediamannya di Yogyakarta.


"Kalo diundang, saya nggak mau ya. Nanti dijungkirbalikan, 'Amien Rais sudah sowan ke istana, dapat apa dia?' Saya enggak mau. (Jokowi) Datanglah ke Amien Rais, rakyat biasa, enggak ada masalah," kata Amien.

Amien mengatakan, Susilo Bambang Yudhoyono ketika menjabat sebagai Presiden RI juga pernah bertamu ke kediamannya. Menurutnya Jokowi bisa melakukan hal sama.

"Jadi saya tunggu, silakan datang ke rumah saya. Enggak usah pakai makan minum, enggak usah, secukupnya aja, saya sambut dengan baik. Pak Jokowi juga pernah ke tempat tokoh-tokoh lain. Kalau beliau sibuk, 20 menit cukup, setengah jam cukup," kata Amien.

Jika pertemuan itu bisa terjadi, Amien mengaku akan mendengarkan apa yang ingin disampaikan oleh Jokowi. Begitu pula sebailiknya, dirinya juga akan  menyampaikan berbagai hal.

"Saya akan sampaikan sesuatu yang saya inginkan, sangat santun, sopan dan etis lah ya, jangan khawatir. Emang sebaiknya dia datang ke rumah saya. Saya kan rakyat biasa," kata Amien. (sur)