FOTO: Tradisi Tahunan Mudik Lebaran

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 10:40 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gelombang pulang kampung terjadi setiap tahunnya jelang lebaran. Perlu penanganan khusus oleh pemerintah untuk memastikan arus mudik berjalan lancar.

Setiap tahunnya jelang lebaran, warga berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga besar. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama/18)
Arus mudik dimulai sekitar 10 hari jelang lebaran. Gelombang mudik berangsur padat saat hari semakin dekat lebaran.   (ANTARA FOTO/Moch Asim/foc/18)
Semua moda dipasatikan padat, dari mulai kereta api, pesawat, bus hingga kendaraan pribadi digunakan untuk ke kampung halaman.  (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras/18)
Kapal cepat yang membawa pemudik asal Indragiri Hilir, Riau, bersiap menepi setibanya di Dermaga Pelabuhan LLASDP Kualatungkal, Tanjungjabung Barat, Jambi, Minggu (10/6). (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/kye/18)
Bahkan sepeda motor yang sedianya bukan untuk perjalanan jarak jauh, digunakan untuk mudik. Imbauan dikeluarkan pemerintah agar motor tak dipakai mudik. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/kye/18)
Sebagai gantinya pemerintah menyediakan mudik gratis dan menyediakan angkutan untuk sepeda motor warga hingga ke kampung halaman. (ANTARA FOTO/Moch Asim/foc/18)
Meski belum jadi moda paling favorit, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terus meningkat setiap tahunnya. Tahun ini diprediksi ada kenaikan 8,4 persen. (ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww/18)
Sementara kereta api masih jadi moda paling favorit saat ini. Selain relatif terjangkau, kereta api dipilih pemudik karena bebas macet dan lebih nyaman. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/18.
Membawa sepeda motor menuju kampung halaman menjadi pilihan sebagian pemudik guna menghemat pengeluaran, tenaga dan waktu. Tidak adanya angkutan khusus sepeda motor terutama saat musim mudik, membuat motor-motor pemudik diangkut dengan bus. (ANTARA FOTO/kye/18)
Foto udara sejumlah kendaraan pemudik melintasi Fly Over Kelok Sembilan, di Kabupaten Limapuluhkota, Sumatra Barat, Senin (11/6). Arus mudik ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera, Sumbar-Riau itu pada H-4 lebaran terpantau lancar. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/kye/18
Pemudik berada di dalam angkutan bak terbuka di Jalur Tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (10/6). Meski pihak kepolisian melarang penggunaaan kendaraan bak terbuka untuk mudik, tapi masih banyak pemudik yang melakukan hal tersebut. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/kye/18
Jalur tol fungsional Bocimi yang diperuntukan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran minim lampu penerangan dan marka jalan, sehingga pengendara harus ekstra waspada dalam melintasi jalur tersebut. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/ama/18.