Anies Minta Sandi Lari Keliling Jakarta Bawa Obor Asian Games

DHF, CNN Indonesia | Sabtu, 23/06/2018 12:35 WIB
Anies Minta Sandi Lari Keliling Jakarta Bawa Obor Asian Games Sandiaga Uno diminta lari keliling Jakarta membawa obor Asian Games 2018. (Humas Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan wakilnya, Sandiaga Uno untuk lari keliling Jakarta sambil membawa obor replika Asian Games 2018. Kata Sandi, itu merespons permintaan Presiden Joko Widodo untuk menggenjot demam Asian Games 2018 yang belum terasa.

"Pak Anies bilang saya yang disuruh lari dan Pak Anies akan tunggu di garis finis, sambil makan," canda Sandi pada jumpa pers di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6).

Meski permintaan itu terdengar bercanda, Sandi akan menyeriusinya. Ia mengaku akan menuruti permintaan Anies dengan berlari di lima kelurahan yang tersebar di lima kota administrasi DKI Jakarta, sembari membawa obor replika Asian Games 2018.



Kata Sandi, itu terinspirasi dari pengalamannya enam tahun lalu. Saat itu Sandi mendapat kesempatan sebagai pembawa obor Olimpiade 2012 di Inggris.

"Saya enam tahun lalu mengetahui ternyata di akar rumput ditunggu-tunggu kegiatan seperti ini. Bukan hanya siaran televisi atau sosmed saja, masyarakat mau melihat replika obor dari dekat," ujar Sandi lebih lanjut.

Nantinya kegiatan itu akan terintegrasi dengan gelaran Festival Jelang Obor Asian Games 2018. Gelaran itu akan dilakukan setiap minggu pada tanggal 1-15 Juli guna memompa antusiasme masyarakat Jakarta terhadap Asian Games 2018 yang digelar Agustus mendatang.


Replika obor akan dibawa berlari di setiap kelurahan oleh enam regu pelari. Setiap regu akan dipimpin pembawa replika obor yang merupakan tokoh masyarakat, atlet, atau tokoh berprestasi di wilayah kelurahan tersebut. Lalu ada pula 10 orang pengiring yang terdiri atas para pelajar yang dipilih Pemkot setempat.

Masing-masing regu dalam kelurahan tersebut akan berlari dengan jarak 500 meter. Setelah selesai menempuh jarak 500 meter, replika obor akan berpindah ke regu berikutnya. Pawai akan dimulai dari Jagakarsa, Jakarta Selatan dan finis di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

"Torch relay [pawai obor] Asian Games 2018 yang resmi baru Agustus. Jadi ini mendahului, diharapkan sebagai prelude [permulaan] dari torch relay," kata Sandi.


Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Namun Jokowi merasa demam gelaran ini belum terasa. Ia pun menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mencari cara membumikan demam Asian Games 2018 di masyarakat.

"Ini perhelatan yang sangat besar dan diinginkan, sekarang ini mestinya masyarakat sudah demam. Ini baru hangat, belum panas, apalagi demam," ucap Jokowi di Istana Negara, Selasa (5/6). (rsa)