Balas Budi, Nurdin Halid Siap Menangkan Jokowi di Pilpres

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 10:29 WIB
Balas Budi, Nurdin Halid Siap Menangkan Jokowi di Pilpres Ketua Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid mengatakan ia bersama jajarannya siap membalas budi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Banyak hal telah Bapak (Jokowi) lakukan, budi harus dibalas dengan budi. Budi tidak boleh dibalas air tuba," kata Nurdin di ICE BSD, Kamis (11/7).

Dukungan tersebut disampaikan langsung di hadapan Jokowi dalam acara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 dan Sosialisasi Pajak Penghasilan (PPh) final.


Salah satu kebijakan Jokowi yang disebut berdampak baik bagi koperasi adalah penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) menjadi 0,5 persen.

Hal itu termaktub dalam Revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Awalnya, tarif PPh final UMKM beromzet kurang dari Rp4,8 miliar setahun sebesar 1 persen. Tapi sejak 1 Juli, tarif diturunkan menjadi 0,5 persen.

Nurdin menilai hal itu penting sebab koperasi adalah salah satu cara menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional, mengurangi kemiskinan, pengangguran, dan mempersempit kesenjangan.

Oleh sebab itu, ia berterima kasih atas kebijakan Jokowi tersebut dan siap membalasnya di Pilpres 2019.

"Kami insan koperasi Indonesia mendoakan dan mendukung agar Bapak Jokowi tetap memimpin negeri ini. Bapak Presiden itu spontan suara hati nurani insan koperasi Indonesia," ucap Politikus Partai Golkar itu. (wis)