Kali Item Ditutup Kain Hitam, Anies Berdalih Kurangi Bau

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 20/07/2018 13:57 WIB
Kali Item Ditutup Kain Hitam, Anies Berdalih Kurangi Bau Anies Baswedan komentari kondisi terkini Kali Item belakang Wisma Atlet Kemayoran. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kali Sentiong atau lebih dikenal dengan nama Kali Item yang berdampingan dengan Wisma Atlet Kemayoran diketahui dipasangi kain jaring berwarna hitam sejak beberapa hari terakhir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menjelaskan pemasangan kain jaring hitam yang dipasang di Kali Item itu bertujuan untuk mengurangi aroma tidak sedap yang berasal dari kali tersebut.

Pemasangan kain itu pun diakui Anies untuk mengurangi aroma tidak sedap sampai ke Wisma Atlet yang kini ditempati oleh atlet-atlet dari berbagai negara yang akan bertanding di ajang Asian Games mendatang.


"Kebetulan cafetaria (Wisma Atlet) lokasinya itu berada di sisi halaman yang dekat dengan sungai, sehingga pada waktu-waktu tertentu, utamanya siang dan sore ketika sungai mengalami penguapan aroma dari sungai itu terhembus angin dan tercium di lingkungan Wisma Atlet," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/7).


Kali yang berbatasan antara Sunter dan Kemayoran ini memang memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi, air di kali ini juga berwarna hitam pekat.

Di dekat kali ini, memang diketahui banyak industri kecil rumahan serta pemukiman warga yang biasa membuang limbahnya langsung ke kali tanpa melakukan sterilisasi limbah terlebih dahulu.

Tak hanya itu, disekitar kali ini juga terdapat tempat pembuangan sampah yang cukup besar.

Anies pun menyebut pihaknya telah melakukan penertiban industri rumahan di kawasan ini, salah satunya industri pengolahan tahu. Mereka kata Anies diminta untuk tidak lagi membuang ampas dan limbah industri ke sungai itu.

"Sudah dilakukan pengawasan di sana, tetapi bukan berarti problemanya langsung selesai karena sudah menahun di situ," sambung Anies.


Anies pun mengaku dirinya telah berdiskusi dengan sejumlah pakar terkait persoalan ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi proses penguapan dari air sungai tersebut.

"Dari situ lah muncul ide diberi kain jaring penutup untuk mengurangi penguapan akibat panas matahari," katanya.

"Jadi ini bukan soal menutup warna sungai yang hitam, tapi juga lebih banyak pada soal aroma. Ini salah satu usaha kita, nanti kita lihat lagi," ucap Anies.


Lebih lanjut Anies juga menyebut penutupan kain jaring berwarna hitam di Kali Item ini akan berlangsung hingga perhelatan Asian Games dan Asian Para Games berakhir. Namun setelah perhelatan itu selesai sungai tersebut akan disterilisasi agar tak berwarna pekat dan penuh polusi.

"Jadi nanti akan ada upaya lebih lanjut. Nanti akan disterilisasi, terus ditambh akan ada tanaman di sisi-sisinya biar lebih cantik," kata Anies. (DAL/DAL)