JK Prediksi Persaingan Pilpres 2019 Akan Lebih 'Soft'

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 06:17 WIB
JK Prediksi Persaingan Pilpres 2019 Akan Lebih 'Soft' JK yakin pilpres 2019 akan berlangsung mulus. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memprediksi persaingan pilpres 2019 akan berjalan dengan aman dan lebih lunak.

Saat ini dua pasangan calon presiden dan wakil presiden telah mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

"Saya yakin pemilu ini akan soft. Ada ulama di situ, ada pengusaha, biasanya pengusaha dan ulama tidak akan main keras, gitu kan," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Jumat (10/8). 



Di sisi lain, JK mengaku tak tahu pasti alasan Jokowi maupun Prabowo memilih cawapres masing-masing untuk mendampingi tahun depan. Namun ia meyakini pertarungan pilpres nantinya akan lebih didominasi ide atau gagasan antara kedua paslon. 

"Sejak awal kita sudah prediksi susunan pasangan ini (diumumkan) di hari terakhir. Tentu ada alasan masing-masing, tapi saya yakin baik untuk bangsa kita, pemilu ini lebih soft," tuturnya. 

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi telah mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres ke KPU hari ini. Pendaftaran kedua paslon itu didampingi oleh ketua parpol masing-masing koalisi. 



(DAL)