Ma'ruf Amin Hanya Titip Salam ke Rizieq Shihab saat di Mekah

Ihsan Dalimunthe, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 11:04 WIB
Ma'ruf Amin Hanya Titip Salam ke Rizieq Shihab saat di Mekah Ma'ruf Amin tidak menemui Rizieq Shihab saat selama melaksanakan haji di Makkah. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon anggota legislatif asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kapitra Ampera membantah Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menolak bertemu Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat keduanya sedang melaksanakan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Kapitra merespons sebuah video yang kemudian viral dari seorang warga di Mekah yang mengklaim Rizieq menolak bertemu Ma'ruf.

Menurut Kapitra, Rizieq tidak pernah menolak siapapun yang ingin bertemua dengannya. Rizieq, klaim dia, tak hanya terbuka menerima tamu dari saudaranya yang seiman, namun juga dengan yang beragama non muslim.


"Jangankan yang seiman, yang non muslim saja Habib Rizieq mau menerima. Saya melihat sendiri bagaiaman habib Rizieq memperlakukan semua tamunya dengan santun," kata Kapitra kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/8).
Ma'ruf Amin Hanya Titip Salam ke Rizieq Shihab saat di MekahKapitra Ampera saat mendampingi Ma'ruf Amin di Mekah. (Dok. Kapitra Ampera)


Kapitra menyatakan sepanjang musim haji tahun ini, ia terus mendampingi Ma'ruf, terutama selama di Mekah dan Madinah. Kala di Mekah, Kapitra mengklaim sudah mengatur waktu untuk bertemu Rizieq setelah pelaksanaan wukuf di Arafah.

"Saya minta waktu ketemu Habib Rizieq lewat Ustaz Wahid. Habib Rizieq bilang mau ketemu saya setelah Arafah," ungkap Kapitra.

Kabar tersebut kemudian disampaikan ke Ma'ruf Amin. Namun, Ma'ruf Amin mengaku belum bersedia bergabung dengan Kapitra untuk ikut bertemu Rizieq. Ma'ruf, klaim Kapitra, hanya menyampaikan salam dan pesan ke Rizieq.

"Kiai Ma'ruf cuma pesan 'sampaikan salam saya ke Habib Rizieq, kesempatan kali ini belum bisa, kurang pas dalam susasana saat ini, belum waktunya untuk bertemu, silaturrahim dan mahabbah di hati kita tetap terjaga'," tutur Kapitra.

Rizieq Shihab masih berada di Arab Saudi dan belum pulang ke Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Saat itu, Ma'ruf juga bercerita hubunganya dengan Rizieq sudah terjalin bertahun-tahun. Bahkan Ma'ruf mengaku pernah menjenguk Rizieq saat di penjara di Rutan Salemba zaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena kasus aksi sweeping tahun 2003 silam.

Kapitra memastikan Ma'ruf memang tidak pernah melontarkan niat untuk bertemu Rizieq selama di Arab Saudi. Kapitra juga menepis pernyataan sejumlah politisi PDIP yang mengatakan Ma'ruf akan bertemu dengan Rizieq jika ada kesempatan.

"Jadi tidak pernah ada terlontar dari Kiyai Ma'ruf mau ketemu Habib Rizieq. Ibadah haji waktunya padat, jadi keduanya tidak pernah dijadwalkan untuk bertemu," pungkas Kapitra.

Ma'ruf Amin sendiri pada Senin (27/8) malam sudah tiba di tanah air. Ma'ruf tak menyinggung apapun soal isu pertemuannya dengan Rizieq selama melakukan ibadah haji. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) hanya berpesan agar pemilihan presiden (pilpres) 2019 berlangsung aman dan damai.