Abdul Somad Dijadwalkan Ikut Prosesi Adat Riau untuk Sandiaga

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 09:44 WIB
Abdul Somad Dijadwalkan Ikut Prosesi Adat Riau untuk Sandiaga Bakal Calon Presiden Sandiaga Uno akan mengunjungi Pekanbaru, Riau. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ustaz Abdul Somad atau UAS direncanakan memberikan doa dan nasehat pada akhir prosesi adat Tepuk Tepung Tawar menyambut kedatangan bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno di Balat Adat Melayu Riau, Selasa (4/9).

"UAS sebagai anggota Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau ditugaskan untuk mengakhiri prosesi adat Tepuk Tepung Tawar, yakni memimpin doa yang disekaliguskan dengan memberikan nasehat," kata Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Datuk Al Azhar di Pekanbaru, dikutip Antara.

Selanjutnya dari nasehat UAS maka Sandi yang kelahiran Rumbai, Pekanbaru akan memberikan sambutannya, kemudian acara ditutup. Acara menyambut Sandi ini akan berlangsung singkat, dari pukul 16.00 hingga menjelang Maghrib. Acara dimulai dengan kegiatan arak-arakan dari Hotel Aryaduta yang persis berada di depan Balai Adat Lam Riau.


Tepuk Tepung Tawar merupakan prosesi adat di Riau untuk menyambut tamu yang datang dan mendoakan kebaikan sambil menabur ramuan yang telah disiapkan. Biasanya orang yang menabur ke tamu jumlahnya ganjil dan diberikan oleh para datuk LAM Riau, termasuk juga gubernur.

Sekretaris LAM Riau, Taufik Ikram Jamil menambahkan bahwa keikutsertaan UAS karena yang bersangkutan juga merupakan pengurus adat. UAS telah diberikan gelar Datuk Seri Setia Amanah sekaligus menjadi pengurus LAM Riau.

"UAS selain bergelar Datuk Seri, juga merupakan anggota MKA LAM Riau yang terdiri berbagai unsur, salah satunya ada ulama. UAS ini salah seorang dari empat ulama yang jadi pengurus LAM," ungkapnya.

Sandiaga Uno dijadwalkan ke Pekanbaru Selasa dan Rabu (4-5/9) mengunjungi berbagai tempat. Dimulai dari Pasar Pagi Arengka, Kuliah Umum di Universitas Islam Riau, mengunjungi sejumlah Usaha Kecil Menengah, balai adat, dan Napak Tilas ke tanah kelahirannya di Rumbai, Pekanbaru.

Meski kegiatan di Balai Adat sore hari, LAM menyatakan akan turut menyambut Sandiaga di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dengan Tari Pesembahan pada pagi harinya. Sorenya dari hotel Sandiaga Uno diarak dengan iringan Musik Kompang, disambut Silat dan Musik Melayu Berdah asal Indragiri di Balai Adat.

Rankaian Acara Sandiaga

Al Azhar menambahkan, LAM Riau akan melakukan proses Tepung Tawar karena mengetahui Sandi akan berkunjung ke sejumlah tempat di Pekanbaru, salah satunya Balai Adat Melayu.

"Sandiaga Uno punya agenda mau ke Balai Adat Melayu Riau, ya... kita beri tepuk tepung tawar," kata dia.

Proses tepuk tepung tawar, lanjut dia, merupakan prosesi budaya menyambut tamu yang datang dan mendoakan kebaikan sambil menabur ramuan yang telah dibuat.

Prosesi ini selain diberikan kepada pejabat baru di Riau, juga diberikan kepada tamu yang datang. Proses ini pernah diberikan kepada Zulkifli Hasan dan Agus Harimurti Yudhoyono beberapa waktu lalu.

"Tepuk tepung tawar ini sederhana, mekanismenya jauh lebih sederhana dari pemberian gelar," ujar dia.

Al Azhar mengatakan sebenarnya rencana bertemu dengan Sandiaga Uno dan memberi tepuk tepung tawar sudah pernah diwacanakan sebelumnya. Itu pada saat bakal cawapres itu menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Rencananya ada bertemu Masyarakat Riau di Jakarta cukup intens dengan Sandiaga Uno, dulu ya. Sekarang karena kesempatannya datang maka kita adakan, tak ada yang luar biasa. Bedanya mungkin karena sekarang Sandi digadang-gadang jadi cawapres," ujarnya.

Dia menggarisbawahi bahwa setiap tamu yang datang ke Riau dan berkunjung ke balai adat, maka akan diberikan prosesi tepuk tepung tawar.

Masalahnya mengapa tidak kepada semua tokoh diberikan, kata dia, karena ada yang berkunjung ke Riau tapi tidak ke balai adat.

Sandiaga Uno dijadwalkan ke Pekanbaru Selasa (4/9) sampai Rabu (5/9). Dia akan mengunjungi berbagai tempat. Dimulai dari Pasar Pagi Arengka, Kuliah Umum di Universitas Islam Riau, mengunjungi sejumlah Usaha Kecil Menengah, balai adat, dan Napak Tilas ke tanah kelahirannya di Rumbai. (osc/sur)