Tak Seperti Demokrat, PAN-PKS 'All Out' Dukung Prabowo-Sandi

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 21:29 WIB
Tak Seperti Demokrat, PAN-PKS 'All Out' Dukung Prabowo-Sandi Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyatakan bahwa calon anggota legislatif (caleg) dari partainya akan turut mengkampanyekan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Hal itu akan dilakukan caleg PKS di seluruh daerah pemilihan (dapil).

"PKS menyelaraskan aksi Pileg dengan Pilpres," ucap Mardani saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (14/9).

Semua caleg PKS, tak terkecuali yang berada di dapil basis suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin, akan mengkampanyekan Prabowo-Sandi. Tidak seperti Demokrat yang membolehkan calegnya di dapil tertentu untuk tidak mengkampanyekan Prabowo-Sandi demi mendapat banyak suara.


Mardani melanjutkan bahwa caleg PKS tidak hanya mengkampanyekan dalam rapat umum yang dihadiri masyarakat, tetapi juga akan melalui spanduk masing-masing caleg.


Mardani mengirimkan dua desain spanduk caleg PKS yang akan digunakan pada masa kampanye mendatang. Spanduk didominasi oleh warma putih dan sedikit kuning.

Pada desain yang pertama, spanduk tercantum nama dan nomor caleg, dapil, beserta lambang dan nomor urut PKS, yakni 8. Spanduk itu juga akan dihiasi frasa, 'muda, peduli, profesional', dan 'untuk wilayah yang lebih baik'.

Desain spanduk yang kedua tergolong tidak berbeda jauh. Hanya saja, tidak ada frasa 'untuk wilayah yang lebih baik'. Frasa tersebut digantikan dengan frasa 'Prabowo Sandi capres cawapres RI 2019 #2019PilihPKS'.

Mardani Ali Sera ungkap cara PKS menangkan Prabowo-Sandi.( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Mardani mengatakan kedua model spanduk akan dicetak dan dipanjang selama masa kampanye.

"Dua-duanya," ucap Mardani.

Caleg PAN Siap di Seluruh Dapil

Sikap serupa PKS ditegaskan Partai Amanat Nasional (PAN). Sekjen PAN Eddy Soeparno memastikan caleg partainya di seluruh dapil siap memenangkan Prabowo-Sandi. Bahkan, caleg PAN pun mesti menjadi pembina tim pemenangan di wilayahnya masing-masing.

"Para caleg PAN adalah pembina wilayah pemenangan Prabowo-Sandi di dapil masing-masing," ucap Eddy saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Sekjen PAN Eddy Suparno klaim partainya siap menangkan Prabowo-Sandi. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Berbeda dengan PKS dan PAN< Partai Demokrat memang memperkenankan kadernya di beberapa wilayah untuk tidak mengkampanyekan Prabowo-Sandi. Terutama di wilayah yang merupakan basis suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, bukan berarti mengkampanyekan Jokowi-Ma'ruf. Caleg Demokrat hanya perlu mengkampanyekan dirinya sendiri dan partai.

Langkah itu diambil agar caleg Demokrat di kantung suara Jokowi-Ma'ruf tetap mendapat suara. Demokrat menganggap para calegnya tidak akan mendapat banyak suara jika memaksakan diri mengkampanyekan Prabowo-Sandi di dapil yang menjadi basis suara Jokowi-Maruf.

Kekhawatiran Demokrat itu tidak sama dengan yang dirasakan PAN. Eddy menganggap para calegnya dapat bekerja dengan simultan.

Caleg PAN akan tetap berupaya memenangkan dirinya sendiri di Piileg. Di saat yang bersamaan, caleg PAN juga mesti turut dalam kerja-kerja pemenangan Prabowo-Sandi di dapil masing-masing.

"Mereka bisa kerja simultan kok," ujar Eddy.

(DAL)