Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 18:04 WIB
Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto Panglima TNI Berziarah ke makam Presiden RI ke-2 Soeharto. (Dok. Puspen TNI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke makam-makam pendiri bangsa, termasuk ke makam Presiden RI ke-2 Jenderal Besar H.M. Soeharto di Astana Giribangun, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (20/9). Ziarah tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI.

Menurut Hadi, Soeharto merupakan sosok pembangunan dan tokoh besar. Presiden yang memimpin selama 32 tahun di Indonesia itu juga disebutnya telah menanamkan pondasi nilai-nilai yang luhur untuk kemajuan TNI dan banyak dirasakan oleh seluruh prajurit TNI yang saat ini sedang bertugas.

"Untuk itu, TNI tetap melanjutkan nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh Jenderal Besar H.M Soeharto," kata Hadi seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com pada Kamis (20/9).


Hadi ke makam-makam pendiri bangsa ditemani Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.
Selain berziarah ke makam Soeharto, rencananya Hadi juga akan berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di TMPN Kusumanegara Semaki Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Serta meninjau Museum Sasmitaloka Pangsar Jenderal Sudirman, di Pakualaman, Yogyakarta," kata Hadi.

Kata Hadi, tradisi berziarah pada pendiri bangsa perlu dilanjutkan, apalagi oleh generasi muda khususnya generasi milennial agar mengerti betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Hadi berpesan kepada seluruh prajurit untuk setia pada satu tujuan yang sudah ditanamkan para pendahulunya. Hal itu sesuai dengan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang diemban setiap anggota TNI.

Sebelum berziarah ke makam Soeharto, Hadi juga sempat mendatangi makam mantan Presiden RI Sukarno dan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.
(kst/ugo)