Tiru Slogan Trump, Prabowo Dinilai Tim Jokowi Tak Kreatif

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 21:40 WIB
Tiru Slogan Trump, Prabowo Dinilai Tim Jokowi Tak Kreatif Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai slogan 'Make Indonesia Great Again' yang diusung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tak kreatif karena hanya mencontoh slogan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump memiliki slogan serupa pada Pilpres AS 2016, yakni 'America First' dan 'Make America Great Again'.

"Gayanya yang meniru Trump itu tidak kreatif, bertentangan dengan zaman now. Itu copy paste," ujar Karding di posko pemenangan Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat (12/10).

Di sisi lain, lanjut Karding, slogan itu sejatinya telah digunakan Jokowi saat Pilpres 2014. Saat itu Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla mengusung slogan 'Indonesia Hebat'.


"Slogan itu sebenarnya sudah dibuat Pak Jokowi sejak lima tahun lalu. Sama kayak Indonesia Hebat. Great itu hebat kan," tuturnya.

Cara Prabowo yang meniru slogan Trump itu, kata Karding, dianggap memang sengaja diatur agar mirip dengan Trump. Padahal selama ini Trump dikenal kerap menyampaikan sesuatu tanpa data akurat, bombastis, dan tidak ada faktanya.

"Kalau itu dicontoh saya khawatir tindakan dan kebijakan nanti juga mencontoh langkah-langkah yang dilakukan Trump. Padahal banyak yang rasis, perbedaan SARA, sedangkan kita di Indonesia enggak bisa pakai itu," tuturnya.

Tim Prabowo sebelumnya telah membantah bahwa slogan itu mengikuti jejak Trump. Menurut jubir tim Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak slogan itu semata untuk membangkitkan jiwa patriotik dan nasionalisme.

Prabowo melontarkan kalimat 'Make Indonesia Great Again' saat berpidato dalam acara Rapat Kerja Nasional Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin di Pondok Gede, Jakarta, Kamis (11/10).

Ketua Umum Gerindra itu mempertanyakan mengapa tidak ada pemimpin Indonesia yang berani berbicara lantang seperti Trump.

"Kenapa kok bangsa Indonesia tidak berani mengatakan 'Bagi Bangsa Indonesia, Indonesia First. Make Indonesia Great Again'," ujar Prabowo. (pris/osc)