Ma'ruf Amin Bantah Sebar Hoaks Soal Peluncuran Mobil Esemka

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 15:49 WIB
Ma'ruf Amin Bantah Sebar Hoaks Soal Peluncuran Mobil Esemka Ma'ruf Amin bantah sebarkan hoaks soal mobil Esemka. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengklarifikasi seputar ucapannya yang menyebut mobil Esemka bakal diluncurkan dan diproduksi besar-besaran pada bulan Oktober kemarin.

Ia menyatakan dirinya hanya mendapatkan informasi peluncuran itu dari pihak lain yang ingin memproduksi mobil itu secara besar-besaran.

"Saya hanya mendengar ada orang yang akan membuatnya," kata Ma'ruf saat ditemui di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteng, Jakarta, Selasa (6/11).

Mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama itu pun keberatan dirinya dituduh telah meyebarkan kabar bohong (hoaks) seputar peluncuran mobil Esemka di bulan Oktober seperti yang dituduhkan kubu Prabowo-Sandiaga.


Ia menjelaskan info peluncuran Esemka itu pertama kali ia dapatkan dari seorang produsen yang berencana memproduksi mobil yang sempat menjadi kendaraan dinas Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

Lebih lanjut, ia pun menegaskan bahwa orang itu tak memiliki kaitan dengan pemerintah terkait Esemka. 

"Nggak ada urusanya pemerintah itu mah. Jadi ada orang mau memproduksi. Saya tanya. Ya mau jadi mau enggak urusan orang itu. Memangnya saya ngebohongin siapa?" Kata dia.

Diketahui, Ma'ruf menyatakan Mobil Nasional Esemka bakal diluncurkan pada Bulan Oktober ketika melakukan kunjungan ke Jawa Timur pada akhir September lalu.

Namun, hingga awal bulan ini, mobil yang pernah dipakai Joko Widodo sebagai kendaraan dinas saat menjadi Wali Kota Solo belum juga diperkenalkan kepada masyarakat.

Mobil esemka yang merupakan produk uji coba dari prototipe anak-anak SMK yang dibantu beberapa teknisi perusahaan besar. Jokowi saat menjadi wali kota Solo sempat memperjuangkan mobil ini hingga melambungkan popularitasnya. (rzr/sur)