Berangsur Pulih, Ma'ruf Akui Tak Sabar Terbang Jauh ke Daerah

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 14:21 WIB
Berangsur Pulih, Ma'ruf Akui Tak Sabar Terbang Jauh ke Daerah Ma'ruf Amin memastikan siap berkampanye di daerah-daerah jauh pada Januari 2019. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengaku sudah pulih dari cedera kaki yang ia alami beberapa waktu lalu. Di sela-sela menerima kunjungan relawan, Ma'ruf menyampaikan ia tak sabar untuk kembali turun berkampanye ke daerah-daerah.

"Januari saya akan terbang jauh, insyaallah ke mana-mana," ucap Ma'ruf sembari tersenyum saat ditemui di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Selasa (18/12).

Setelah terkilir pada akhir November lalu, Ma'ruf sempat menghentikan kegiatan kampanye. Ma'ruf sudah kembali berkampanye secara perlahan. Setelah menambah intensitas penerimaan tamu, Minggu (16/12), ia berkunjung ke Banten.



"Ya belum sehat betul, tapi hari Minggu ke Banten. Hari Rabu akan ke Sukabumi dan saya terus berkeliling walaupun tempat-tempatnya tidak jauh," ucap dia.

Sebelumnya, Ma'ruf mengaku sakit pada akhir November 2018. Ia menghentikan aktivitas blusukan ke daerah dan hanya sesekali menerima kedatangan tamu di kediamannya secara tertutup.

Ada yang menyebut Ma'ruf dikabarkan terjatuh di kamar mandi. Namun Ketua MUI itu menampik jika dikatakan mengalami stroke.


Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, mengakui elektabilitas capres-cawapres nomor urut 01 itu masih rendah di Banten. JK menyebut perlu usaha lebih keras untuk meningkatkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di daerah tersebut.

"Banten masih perlu perjuangan, usaha keras di Banten, tentu. Tapi kita harapkan itu akan positif nanti pada waktunya," ujar JK usai memimpin rapat evaluasi kampanye TKN di kediamannya, Brawijaya, Jakarta, Senin (17/12).

Berangsur Pulih, Ma'ruf Akui Sudah Siap Terbang JauhJusuf Kalla. (CNN Indonesia/Safir Makki)


Selain Banten, lanjut JK, elektabilitas di sejumlah daerah telah meningkat secara signifikan di antaranya di Sumatera dan Sulawesi Selatan. Sementara di beberapa daerah yang selama ini unggul masih dapat dipertahankan.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan turunnya elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin tak lepas dari absennya Ma'ruf dari sejumlah kegiatan kampanye beberapa waktu belakangan.

"Ya karena belum turun itu, belum turun ke lapangan," ujar Luhut saat ditemui di kantor wakil presiden, Jakarta, Senin.

Berangsur Pulih, Ma'ruf Akui Sudah Siap Terbang JauhLuhut Binsar Pandjaitan. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Hasil survei tim kampanye internal Jokowi-Ma'ruf, Bravo 5, menunjukkan elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 itu masih kalah dari pasangan calon Prabowo-Sandiaga Uno di beberapa daerah, termasuk Banten.

Luhut meyakini elektabilitas Jokowi-Ma'ruf akan meningkat jika Ketua Umum MUI itu sudah mulai kampanye kembali ke lapangan. Menurut dia, Ma'ruf memiliki peran cukup signifikan untuk mendongkrak elektabilitas Jokowi. (dhf/ain)