Jokowi: Tak Ada Masalah dengan Anies, Setiap Hari Guyon

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 17:11 WIB
Jokowi: Tak Ada Masalah dengan Anies, Setiap Hari Guyon Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Jalan Tol Becakay, Jumat (3/11/2018). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyinggung hubungan dirinya dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Jokowi menyebut banyak pihak yang menilai dirinya dengan Anies terdapat masalah lantaran berbeda pilihan politik.

"Orang banyak berpikir saya dengan Pak Anies ada masalah, padahal setiap hari ketemu, guyonan bareng bareng," ujar Jokowi saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat, di Gedung Serbaguna Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (9/1).

Anies diketahui sempat menjabat menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Jokowi. Namun, dirinya dicopot Jokowi. Anies lantas maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta bersama Sandiaga Uno diusung Gerindra dan PKS.


Anies pun mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2019. Sementara itu, Jokowi yang menggandeng Ma'ruf Amin menjadi lawan Prabowo-Sandiaga.
Jokowi: Tak Ada Masalah dengan Anies, Setiap Hari GuyonPresiden Jokowi dan Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)


Atas dasar itu Jokowi mengingatkan kepada masyarakat untuk tak saling bermusuhan karena perbedaan pilihan politik. Jokowi tak ingin masyarakat terbelah hanya karena berbeda ketika menghadapi pemilihan umum.

"Jangan sampai karena urusan politik, pilihan bupati, pilihan wali kota, pilihan gubenur, pilihan presiden juga, kita ini menjadi terpisah-terpisah. Padahal kita saudara sebangsa dan setanah air, kita saudara semuanya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan jangan sampai perbedaan pilihan dalam pemilu, baik bupati/wali kota, gubernur, maupun presiden, sampai membuat masyarakat tak saling sapa.

"Antar kampung enggak saling sapa, antar tentangga enggak saling ngomong. Gara-gara pilpres,gara-gara pilgub, di majelis taklim tidak mau ngomong, gara-gara pilpres atau pilgub," kata dia.


Calon presiden nomor 01 itu meminta masyarakat tak mudah terhasut oleh politikus saat masa kampanye pemilu. Bahkan, kata Jokowi dirinya mendengar bahwa ada ibu-ibu yang tak saling berbicara di sebuah majelis taklim karena berbeda pilihan politik.

"Sampai di majelis taklim, ibu-ibu enggak saling ngomong. Saya denger itu, tapi enggak di Jakarta, di daerah, provinsi lain," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Anies sebelumnya beberapa kali terlihat mendampingi saat Jokowi meninjau penerima pinjaman Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Kelurahan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat. Anies juga menemani Jokowi saat mampir ke seorang ibu pedagang nasi uduk hingga menyapa ibu-ibu di lokasi acara. (fra/osc)