Selain CVR, Ditemukan Bagian Tubuh Korban Lion Air JT-610

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 19:05 WIB
Selain CVR, Ditemukan Bagian Tubuh Korban Lion Air JT-610 CVR Lion Air JT 610 ditemukan. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Laksamana Muda TNI AL Harjo Susmoro mengatakan penyelam dari unit Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) Koarmada I menemukan bagian tubuh dari korban Lion Air JT 610 PK-LQP seberat 7 kilogram.

Bagian tubuh tersebut ditemukan hampir bersamaan dengan penemuan bagian kotak hitam (black box) berupa Cockpit Voice Recorder (CVR) pada Senin (14/1) pagi tadi.

"Yang masih sisa memang tulang," ucap Harjo di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (14/1).



Bagian tubuh tersebut telah diserahkan oleh Panglima Komando Armada I Laksamana Muda Yudo Margoni kepada pihak Lion Air sebagai pertanggungjawaban. Untuk kepentingan identifikasi, bagian tubuh itu juga bakal diberikan kepada pihak yang mampu mengidentifikasi.

"Nanti diserahkan Panglima Koarmada I kepada Lion sebagai bentuk pertanggungjawaban. Nanti diserahkan ke pihak yang mampu identifikasi," ucapnya.

Selain CVR Penyelam Juga Temukan Bagian Tubuh Korban Lion AirPenemuan CVR Lion Air JT-610. (Dok. Istimewa)

Ia memastikan pihaknya tidak akan mengangkat bagian tubuh atau tulang belulang dari korban kecelakaan pesawat itu. Berdasarkan info dari penyelam, ucap Harjo, sudah tidak ditemukan lagi bagian tubuh atau pun puing-puing yang mengandung informasi penting terkait kecelakaan pesawat bernomor penerbangan JT-610 itu.

"Kalau dari info teman-teman sudah relatif enggak ada lagi," ujarnya.


Atas dasar itu, ia menyatakan pihak TNI AL tidak akan melanjutkan pencarian puing-puing maupun bagian tubuh dari korban pesawat Lion Air PK-LQP.

"Tentunya dari TNI AL sampai ketemu yang bisa kami dapatkan sudah diangkat. Serpihan lain sudah tidak bermanfaat untuk penyidikan jadi tidak diteruskan pengambilan," ucapnya.




(sah/DAL)