Tukang Cukur: Pak Jokowi Setia dengan Satu Model Rambut

Antara, CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 13:13 WIB
Tukang Cukur: Pak Jokowi Setia dengan Satu Model Rambut Presiden Joko Widodo menyempatkan diri memotong rambutnya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kang Herman, seorang tukang cukur asal Garut mengungkap perasaannya usai mencukur rambut orang nomor satu di pemerintah Indonesia. Presiden Jokowi berkesempatan hadir dalam acara cukur massal warga Garut yang digelar di Situ Bagendit, Sabtu (19/1).

Herman mengaku sedikit gugup ketika harus mencukur rambut Jokowi di hadapan banyak jepret dan sorotan kamera. Padahal diketahui, sebenarnya ini bukan kali pertama Herman mencukur rambut presiden.

Herman sudah menjadi langganan Jokowi sejak mantan wali kota Solo itu menjadi gubernur DKI Jakarta. Satu hal, menurut Herman, Jokowi tipikal pelanggan yang tak aneh-aneh meminta model cukuran.


"Enggak (banyak permintaan) sih. Pak Jokowi setia sama satu model," Herman, Sabtu (19/1).

Herman pun mengaku bangga bisa dipercaya menjadi tukang cukur langganan presiden. Menurut tukang cukur yang telah membuka usaha sejak 2002 itu, kehadiran Jokowi sebagai pelanggan berdampak pada konsumen lainnya yang makin hari bertambah.

Sementara itu, Presiden Jokowi pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa Herman merupakan tukang cukur langganannya di Jakarta. Kurang lebih selama enam tahun Jokowi memercayakan model rambutnya di tangan Herman.

"Sejak Gubernur di Jakarta. Mas Herman ini kebetulan memang dari Garut. Kalau di Bogor saya ada juga satu, mas Jumadi, itu dari Indramayu. Kalau di Solo ada sejak Wali Kota," kata Jokowi.

Herman merupakan satu dari 3.000 anggota Persaudaraan Pencukur Rambut Garut (PPRG) yang dibentuk sejak 2017. Presiden Jokowi berkunjung ke Garut salah satunya untuk meletakkan batu pertama bagi perumahan untuk PPRG di Garut.

Aksi potong rambut Jokowi ini turut menjadi perhatian warga Garut yang sedang bermain di kawasan Situ Bagendit. Jokowi mengatakan, tukang cukur dan daerah Garut memang dua hal yang seolah tak bisa terpisahkan.

"Tukang cukur kan sebuah keahlian dalam industri kreatif fesyen kecantikan. Saya melihat memang di Garut ini memiliki sebuah genetis turun temurun dan keahlian itu," ujar Jokowi.

(ain)