Evaluasi Debat Capres Perdana, KPU Setop Bocorkan Pertanyaan

Antara, CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 14:07 WIB
Evaluasi Debat Capres Perdana, KPU Setop Bocorkan Pertanyaan KPU telah mengevaluasi gelaran debat capres perdana, Kamis (17/1). Salah satunya, KPU akan tidak lagi membagikan kisi-kisi pertanyaan ke kandidat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada kandidat untuk jalannya debat kedua capres, 17 Februari mendatang. Keputusan itu dibuat KPU setelah mengevaluasi jalannya debat capres perdana, Kamis (17/1) lalu.

"Untuk debat capres berikutnya abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada kandidat," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dikutip Antara, Sabtu (19/1).

Wahyu mengatakan keputusan KPU juga tak lepas dari upaya mengartikulasikan keinginan publik. Masyarakat, kata Wahyu dinilai merasa tak cukup puas dengan jalannya debat perdana.


Dengan ditiadakannya pemberian bocoran kisi-kisi pertanyaan tersebut, kata Wahyu, diharapkan pelaksanaan debat kedua dan seterusnya berjalan lebih baik.

"Sebagai pelayan publik dalam bidang kepemiluan, KPU terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat," kata Wahyu menambahkan.

Sebelumnya, kebijakan KPU yang memberikan bocoran kisi-kisi pertanyaan debat lebih dulu kepada tim sukses paslon mendapat penolakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan sejumlah kelompok masyarakat.

Evaluasi Debat Capres Perdana, KPU Akan Setop Bagi Kisi-kisiWapres Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Safir Makki)
JK mengatakan pemberian kisi-kisi pertanyaan tidak layaknya seperti debat capres-cawapres. Menurutnya, kebijakan itu lebih menyerupai bimbingan belajar bagi pelajar yang akan mengikuti ujian.

"Kalau (pertanyaan) itu dibuka duluan, berarti yang menjawab itu tim, padahal yang mau diuji adalah yang bersangkutan, pribadi," ujar Wapres.

Sesuai agenda Pilpres 2019, pelaksanaan debat pilpres kedua akan diikuti kedua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada 17 Februari di Hotel Sultan, Jakarta. Debat capres kedua mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.