Tiga Kader PKS Calon Wagub DKI Safari ke Fraksi DPRD

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 16:10 WIB
Tiga Kader PKS Calon Wagub DKI Safari ke Fraksi DPRD Jabatan Wagub DKI masih kosong hingga kini sepeninggal Sandiaga Uno yang memutuskan maju menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga calon wakil gubernur DKI yang diajukan oleh Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS) rencananya akan melakukan silaturahmi ke sejumlah fraksi di DPRD DKI.

Ketua Bidang Humas DPW PKS DKI Zakaria Maulana Alif mengatakan safari tersebut dalam rangka untuk memperkenalkan diri sebagai kandidat wagub kepada seluruh anggota legislatif dari fraksi-fraksi di DPRD DKI.

"Kami telah berkomunikasi dengan sejumlah fraksi untuk melakukan kunjungan silaturahim Cawagub dan Fraksi PKS kepada fraksi-fraksi di DPRD," kata Zakaria dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (21/1).


Zakaria menjelaskan pihaknya memang sudah mengagendakan safari tersebut. Rangkaian pertama para kandidat itu bertemu dengan fraksi PDIP sekitar pukul 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan mengunjungi Fraksi Partai Gerindra pada pukul 15.00 WIB.

Namun, kata Zakaria pertemuan hari ini dengan Fraksi PDIP dan Fraksi Partai Gerindra batal dilakukan.

"PDIP konfirm minta ke Rabu pukul 11.00, Gerindra belum ada info lagi," ujar Zakaria.

Rangkaian silahturahmi dilanjutkan pada Selasa (22/1), yakni bertemu dengan Fraksi Partai Demokrat pada pukul 13.00 WIB dan pada pukul 15.00 WIB dijadwalkan bertemu dengan Fraksi PPP.

Di hari Rabu (23/2), kunjungan kandidat wagub diawali dengan bertemu Fraksi Hanura pada pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan Fraksi Partai Golkar pada pukul 15.00 WIB.

Kunjungan kemudian dilanjutkan pada Senin (28/1) dengan bertemu Fraksi Partai Nasdem pukul 13.00 WIB dan pertemuan dengan Fraksi PKB pada pukul 15.00 WIB.

Zakaria menuturkan DPW PKS DKI telah menunjuk Achmad Yani yang merupakan anggota DPRD Fraksi PKS sekaligus anggota Komisi A DPRD DKI, sebagai penanggung jawab atas rangkaian silaturahmi tersebut.

Sebagai informasi kursi DKI 2 sampai saat ini masih belum terisi sejak ditinggal Sandiaga Uno yang memutuskan maju sebagai calon wakil presiden.

PKS sendiri telah mengajukan tiga nama untuk mengisi kekosongan tersebut, yakni mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto, dan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.

Selain itu, PKS dan Gerindra juga telah membentuk tim panelis yang nantinya akan melakukan fit and proper test kepada seluruh calon wagub.

Tim panelis dari PKS terdiri dari Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Eko Prasodjo dan pengajar Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun dari tim PKS.

Sedangkan Gerindra menunjuk Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif dan peneliti senior LIPI Siti Zuhro sebagai panelis. (dis/osc)