LIVE REPORT

Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019

Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan beradu gagasan dengan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto soal energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, infrastruktur pada debat capres kedua Pilpres 2019. Debat digelar Minggu (17/2) di Hotel Sultan, Jakarta.

  • 17 Feb 22:24

    Debat Usai, Sampai Jumpa

    Usai dua calon presiden memberikan pernyataan penutup. Moderator Tommy Tjokro dan Annisa Dasuki menutup rangkaian debat.

    Debat kedua ini merupakan rangkaian dari lima debat yang direncanakan.

    Demikian laporan langsung jalannya debat kedua Pilpres 2019. Sampai Jumpa, sampai bertemu kembali di debat capres berikutnya.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
  • 17 Feb 22:23

    Prabowo Jelaskan Kepemilikan Tanah yang Disorot Jokowi

    Prabowo memanfaatkan momen pernyataan pamungkasnya dengan mengklarifikasi tanah ratusan hektare yang ia kuasai. Prabowo membenarkan hal itu. Dia mengatakan itu adalah tanah negara.

    "Jadi setiap saat bisa diambil kembali dari pada jatuh ke asing, lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot," ujar Prabowo.

    Pernyataan itu menanggapi sorotan dari Jokowi yang menyinggung kepemilikan tanah capres nomor urut 02 itu.

    "Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220 ribu hektare. Juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan pada masa pemerintahan saya," ujar Jokowi.

    Prabowo mengatakan bahwa dia tidak ingin kekayaan negara lari ke luar negeri.
  • 17 Feb 22:20

    Prabowo: Kita Punya Strategi Berbeda

    Prabowo mengatakan setelah berdebat dengan Jokowi, satu hal yang jelas adalah pihaknya memiliki falsafah dan strategi yang lain dari yang dimiliki pemerintahan Jokowi.

    "Kami berpegang pada falsafah keadilan yang akan menghasilkan kemakmuran. Jadi kami berpandangan bahwa pemerintah harus hadir dengan rinci, dengan telti, dengan tegas untuk memperbaiki ketimpangan dalam kekayaan kita," ujar Prabowo.

    Prabowo juga kembali menekankan kekayaan yang lari ke luar negeri. Untuk mengatasi itu Prabowo mengatakan harus menggunakan instrumen dalam konstitusi yakni Pasal 33 UUD 1945.
  • 17 Feb 22:17

    Jokowi: Tidak Ada yang Saya Takuti Kecuali Allah SWT

    Jokowi memberikan pernyataan penutup dalam debat capres kedua. Dia mengatakan bahwa mengelola negara itu membutuhkan ketegasan.

    "Rakyat Indonesia yang saya cintai, mengelola negara sebesar Indonesia tidak mudah, tidak gampang, sangat beruntung sekali saya memiliki pengalaman mengelola kota sebagai Wali Kota dan mengelola Provinsi sebagai Gubernur dan empat tahun mengelola negara," katanya.

    Kata Jokowi, butuh sebuah ketegasan dan keberanian membuat kebijakan negara.

    "Petral telah kita bubarkan blok minyak Rokan dan Mahakam telah kita kelola. Freport 51 persen saham telah kita ambil," kata Jokowi.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

    Jokowi berjanji akan mempergunakan tenaganya untuk memperbaiki negara ini.

    "Tidak ada yang saya takuti untuk kepentingan nasional, rakyat, dan bangsa Indonesia. Kecuali Allah SWT," tegas Jokowi.
  • 17 Feb 22:05

    Prabowo Bertanya Balik atas Pertanyaan Jokowi soal Unicorn

    Prabowo bertanya balik kepada Jokowi tentang Unicorn, perusahaan rintisan yang memiliki valuasi aset sebesar USD1 miliar.

    "Yang bapak maksud unicorn? Maksudnya yang itu?," kata Prabowo kepada Jokowi.

    Sebelumnya, Jokowi bertanya kepada Prabowo, infrastruktur apa yang akan dibangun untuk mendukung pembangunan unicorn-unicorn di Indonesia?


    Prabowo lalu melanjutkan dengan mengatakan infrastruktur yang akan dibangun adalah dengan memfasilitas pengurangan regulasi yang selama ini dinilai membatasi.

    "Karena mereka lagi giat-giatnya berkembang, jadi saya akan dukung segala upaya untuk memperlancar," ujar Prabowo.
  • 17 Feb 21:58

    Jokowi Sebut Menghentikan Impor Butuh Waktu Panjang

    Sesi debat berikutnya memberikan kesempatan Prabowo Subianto mengajukan pertanyaan kepada Jokowi. Prabowo mempertanyakan janji Jokowi di awal memerintah yang tak ingin mengimpor bahan pangan. Kenyataannya, kata Prabowo, pemerintah Jokowi banyak mengimpor bahan pangan.

    "Ini yang kami dengar sangat memukul kehidupan petani kita. Petani tebu panen tapi gula dari luar masuk dalam jumlah sangat besar. Jutaan ton. Demikian juga komoditas lain, padahal bapak membanggakan produksi naik," kata Prabowo.

    Jokowi tak menyangkal pemerintah melakukan impor. Tapi dari tahun ke tahun jumlahnya berkurang. Jokowi mencontohkan impor jagung tahun 2014 sebesar 2,5 juta ton.

    "Lalu tahun 2018 hanya impor 180ribu to. Artinya, petani jagung kita telah produksi 3,3 juta ton. Impor itu jadi sekarang ini jauh berkurang," ujar Jokowi.

    Jokowi mengatakan tidak mungkin menghentikan impor dalam waktu singkat. "Butuh waktu panjang," katanya.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Joko Widodo. (REUTERS/Willy Kurniawan)
    Jokowi juga mencontohkan impor beras. Pada 2018 lalu disebut Jokowi ada 33 juta ton besar. Sementara konsumsi di Indonesia sebanyak 29 juta ton.

    Artinya ada surplus sebnyak hampir 3 juta ton. Ada 2.9 juta ton kita sudah surplus. Pertanyaan kenapa kita impor? Itu untuk menjaga ketersediaan stok untuk menstabilisasi harga. Haris punya cadangan untuk bencana dan gagal panen," kata Jokowi
  • 17 Feb 21:51

    Jokowi Bercerita Malam-malam Datangi Kampung Nelayan

    Jokowi sempat bercerita tentang kehidupan nelayan di Semarang, Jawa Tengah saat debat. Dia mengaku pernah datang malam-malam berdua sopirnya ke Tambaklorok, Semarang Jawa Tengah.  Jokowi ingin memastikan kondisi nelayan secara langsung.

    Pemerintah, kata Jokowi, telah memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan seperto perikanan Indonesia dan Perikanan Nusantara (Perinus) yang membantu membeli ikan-ikan yang ada di rakyat.

    "Untuk nelayan-nelayan kecil yang memilki bobot 10 GT ke bawah tidak pakai izin lagi," katanya.

    Pernyataan Jokowi itu menanggapi Prabowo. Sebelumnya, Prabowo menyebut nelayan merupakan kelompok masyarakat yang paling miskin.

    "Kenyataannya di bawah tidak sebanding dengan laporan yang dikasih ke bapak," katanya.

    Jokowi langsung bercerita bahwa dia hampir setiap bulan bertemu atau berkunjung ke kampung nelayan. Bahkan, dia mengaku pernah ke sebuah kampung nelayan di Tambak Lorok, Semarang, pukul 02.00 dini hari hanya berdua dengan sopirnya.

    "Karena ada banyak laporan ke saya. Saya ingin memastikan kondisi mereka," ujar Jokowi.

    Jokowi juga mengatakan strateginya untuk mengurus kekayaan laut. Menurutnya laut adalah masa depan Indonesia.

    Dalam empat tahun, kata Jokowi, pemerintah telah mengejar tujuh ribu kapal asing yang melakukan illegal fishing.

    "Ada 488 kapal yang kita tenggelamkan. Ini menajdi kesempatan nelayan-nelayan kita untuk memanfaatkan sumber daya alam kita terutama ikan-ikan," ujar Jokowi.

    Selain itu, Jokowi menyinggung banyaknya ladang minyak yang belum tereksplorasi dengan baik.

    "Kita terus dorong agar ladang-ladang minyak memberi income kepada negara. Yang ketiga perlu ke depan infrastruktur yang berkaitan dengan laun kita benahi," ujarnya.

    Prabowo merespons Jokowi dengan menyebut ada banyak nelayan miskin tidak punya akses pada teknologi, pada kapal, dan akses pada modal. Keterbatasan itu karena ada peraturan pemerintah.

    "Jadi kalau kami adalah negara hadir kami akan membuat BUMN khusus di bidang laut dan perikanan dan mengorganisir nelayan, dilatih dengan teknologi yang tepat, diberi akses kepada modal dan prasarana...," kata Prabowo.
  • 17 Feb 21:37

    Prabowo Tak Ingin Diadu dengan Jokowi soal Kerusakan Lingkungan

    Prabowo tidak ingin berlama-lama bicara soal kerusakan lingkungan seperti lubang-lubang di area tambang yang ditinggalkan perusahaan pertambangan.

    Menurut dia semua yang dia paparkan sudah jelas sehingga tak dibutuhkan penjelasan lebih lanjut. Selain itu Prabowo juga mengatakan tidak ada perbedaan berarti antara dirinya dan Jokowi.

    "Saya kira cukup masalah ini. Untuk apa bertele-tele, saya kira dalam hal ini kita sama. Kita ingin memberantas," ujar Prabowo.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Joko Widodo. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
    Jokowi sepakat dengan sikap Prabowo untuk tidak memperpanjang debat soal lubang tambang.

    "Ya, saya setuju saja," ujar Jokowi.

    Prabowo sebelumnya mengatakan kunci mengatasi banyaknya lubang tambang adalah pemerintahan yang tegas dan berani menindak perusahaan swasta besar. Dia mengatakan bakal mengejar perusahaan-perusahaan perusak ini dengan berbagai cara, termasuk menggunakan instrumen pengadilan internasional hingga Interpol.

    "Jadi kalau tidak ada terlalu banyak perbedaan, buat apa kita ribut lagi," kata Prabowo merespons ucapan Jokowi.
  • 17 Feb 21:34

    Prabowo Akan Tindak Tegas Perusahaan Perusak Lingkungan

    Debat memasuki segmen debat eksploratif. Sebelum memberi pertanyaan, pasangan capres diberi waktu menyaksikan video menayangkan soal praktik pertambangan.

    Dari video itu panelis menyinggung soal lubang bekas tambang yang hingga 2018 luasnya mencapai 8 juta hektare.

    Prabowo mengatakan persoalan lubang tambang itu adalah persoalan warisan dari tahun ke tahun. Dia mengatakan persoalan itu juga seolah menggambarkan negara yang dikooptasi oleh perusahaan swasta besar.

    "Ini bisa dianggap kolusi antara pejabat pemerintah dengan perusahaan swasta besar sehingga kalau perusahaan itu tinggalkan persoalan (lubang tambang) itu dia akhirnya lolos tidak dikejar dan tidak ditindak," kata Prabowo.

    Menurut Prabowo mengatasi persoalan ini adalah dengan sebuah pemerintahan yang tegas dan berani untuk menindak.

    Prabowo mengakui banyak perusahaan yang merusak lingkungan itu sudah tak ada lagi di Indonesia.

    "Kita mungkin bisa kejar dengan saluran pengadilan internasional, PBB, Interpol," ujar Prabowo.
  • 17 Feb 21:20

    Jokowi Soroti Kepemilikan Lahan Prabowo

    Jokowi menanggapi respons Prabowo tentang persoalan agraria di Indonesia. Jokowi bahkan menyinggung kepemilikan tanah capres nomor urut 02 itu.

    "Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220 ribu hektare. Juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan pada masa pemerintahan saya," ujar Jokowi.

    Jokowi mengatakan itu, setelah Prabowo mengkritik program pembagian sertifikat tanah yang dilakukan oleh pemerintah Jokowi.    
  • 17 Feb 21:11

    Strategi Jokowi dan Prabowo soal Permasalahan Agraria

    Dua capres ditanya soal strategi tentang persoalan agraria di Indonesia. Jokowi menjelaskan pencapaian pemerintah di bidang agraria.

    Jokowi berkata pada dua tahun terakhir sudah ada 2,6 juta hektare yang dibagikan kepada masyarakat adat, petani, hingga nelatan.

    "Dalam dua tahun ini sudah 2,6 juta hektare dari 12,7 juta hektare yang kita siapkan," kata Jokowi.

    Tak hanya memberikan tanah, Jokowi mengatakan pemerintah juga memberikan pendampingan kepada warga yang mendapat tanah.

    "Kita mendampingi mereka agar tanah yang sudah diberikan jadi produktif. Ada yang ditanami kopi, buah-buahan, jagung. Artinya tidak hanya memberi konsesi lahan tapi juga diberi pendampingan," ujar Jokowi.

    Namun, pembagian sertifikat tanah itu dinilai oleh Prabowo berdampak buruk bagi masa depan Indonesia.

    "Kami punya pandangan strategis yang berbeda, yang dilakukan bapak Jokowi dan pemerintahannya menarik dan populer untuk 1-2 generasi tapi tanah tidak tambah," katanya.

    "Jadi kalau bapak bangga bagi-bagi sertifikat 12 juta, pada saatnya kita enggak punya lahan untuk dibagi, jadi bagimana nanti masa depan?," tambah Prabowo.

    Kata Prabowo, strateginya untuk mengatasi persoalan agraria adalah berdasarkan pasal 33 UUD 1945 bahwa bumi, air, dan semua kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara.
  • 17 Feb 21:07

    Prabowo Ingin Pisahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

    Prabowo Subianto menyoroti Kementerian Lingkungan Hidup. Menurut Jokowi, KLH harus dipisah dengan Kehutanan. Tugas KLH adalah mengawasi sektor kehutanan. Prabowo mengatakan akan memisahkan KLH dengan kehutanan jika diberi mandat.

    "KLH harus mengawasi kehutanan. Jadi ini akan kita pisahkan sehingga KLH benar-benar menegakkan masalah lingkungan hidup. Tidak jadi satu," ujar Prabowo.

    Prabowo juga mengatakan mengatasi soal lingkungan hidup harus dengan penegakan hukum dengan tegas.

    "Kalau saya diberi mandat, saya akan tentunya menegakkan hukum, harus dilaksanakan dengan tegas terhadap perusahaan yang tidak melaksanakan ketentuan-ketentuan," ujar dia
  • 17 Feb 21:07

    Prabowo Koreksi Kinerja Jokowi di Bidang Energi

    Prabowo merepons paparan Jokowi tentang energi dengan positif. Dia mengakui ada upaya mewujudkan kemandirian di bidang energi.

    "Setiap arah, usaha ke arah kemandirian di bidang energi kita sambut baik," kata Prabowo.

    Namun Prabowo mengatakan pihaknya akan mengoreksi kekurangan yang telah dilakukan pemerintah soal energi, khususnya soal pemanfaatan sawit. 

    Dia pun mengatakan bahwa strateginya adalah tak hanya menggenjot sawit, tapi juga arang, casava, etanol dari gula sehingga bisa digunakan untuk mengurangi impor energi dari luar negeri.

    Prabowo mengatakan itu, setelah Jokowi menanggapi pernyataan tentang sawit. Prabowo yakin Indonesia mampu swasembada energi dengan memanfaatkan produk-produk sawit.

    Jokowi kemudian menanggapi, bahwa hal itu telah dikerjakan oleh pemerintahannya. Jokowi mengatakan pemerintahannya telah memanfaatkan produk sawit.

    "Kita harapkan 30 persen dari total produksi akan masuk kepada biofuel. Inilah yang sedang kita kerjakan sehingga kita tidak ketergantungan dari impor," katanya.
  • 17 Feb 20:58

    Prabowo Yakin Indonesia Mampu Swasembada Energi

    Prabowo membahas pentingnya komoditas sawit. Dia ingin menjadikan sawit sebagai biodisel. Kata Prabowo, Indonesia mampu untuk swasembada energi, dengan memanfaatkan produk-prudk sawir.

    Prabowo pun membandingkan dengan Brasil yang telah memproduksi sawit d90.

    Kata Prabowo, harus ada upaya untuk memanfaatkan sawit menjadi tambahan bahan bakar karena dalam waktu dekat Indonesia akan 100 persen mengimpor energi.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
    Jokowi mengatakan bahwa produksi sawit Indonesia saat ini sudah 46 juta ton per tahun dan melibatkan 16 juta petani.

    "Supaya Pak Prabowo juga tahu, kita telah memulai B20 dan sudah berproduksi 98 persen dari yang kita harapkan. Kita sekarang menuju B100 sehingga kita harapkan 30 persen dari total produksi akan masuk kepada biofuel.
  • 17 Feb 20:52

    Jokowi Sindir Prabowo Kurang Optimis

    Jokowi menyindir Prabowo kurang optimistis. Sindiran itu bermula ketika debat memasuki sesi pertanyaan soal energi dan pangan. Jokowi mendapat pernyataan soal strategi menghadapi Revolusi 4.0 di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

    Kuncinya, kata Jokowi adalah pembangunan sumber daya manusia untuk hadapi Revolusi 4.0.

    "Sebagai contoh perlunya petani dikenalkan pada namanya market place shingga mereka bisa jualan online," ujar Jokowi.

    Jokowi juga menekankan pentingnya sektor usaha kecil, mikro, super mikro untuk tahu dan memanfaatkan sistem online.

    "Bangun ekosistem offline dan online harus digalakkan. Ini kita kerjakan di lapangan sehingga kita tidak tertinggal dengan negara lain," ujar Jokowi.

    Pernyataan Jokowi itu ditanggapi oleh Prabowo, menurut Prabowo dahsyatnya perkembangan industri 4.0 yang akan datang dengan Artificial Intelligence (AI) akan berdampak pada kehidupan.

    "Ssatu pabrik biasanya mobil di Jerman yang punya 15 ribu pekerja diganti dengan robot," katanya.

    Tapi, di Indonesia masih belum bisa membela petani-petani kita sendiri. "Kita belum bisa menjamin harga-harga pangan, bagus kita bicara 4.0 tapi saya ingin menjamin Indonesia bisa menyediakan pangannya sendiri tanpa impor dari manapun," katanya.

    Mendengar tanggapan Prabowo, Jokowi menjawab: "Pak Prabowo ini kelihatannya ke depan kurang optimis," katanya.

    Jokowi meyakini bahwa Indonesia tetap akan menyongsong revolusi 4.0 dengan optimis.

    "Justru membuka kesempatan bagi petani-petani kita untuk melompat secara produktif," kata Jokowi.
  • 17 Feb 20:42

    Dikritik Prabowo, Jokowi Sebut Kritik Salah

    Jokowi merespons kritik Prabowo dengan menyebut capres nomor urut 02 itu salah besar. Jokowi berkata pembangunan sudah direncanakan sejak lama. Adapun soal infrastruktur yang jadi monumen seperti LRT Palembang dan Bandara Kertajati, Jokowi menyebut semua butuh waktu.

    Prabowo sebelumnya mengkritik bahwa seharusnya pembangunan infrastruktur untuk rakyat harus direncanakan dan mengikutsertakan rakyat.

    "Kemudian kita harus menghitung perekonomian dan dampak-dampak lingkungan hidup," kata Prabowo.
  • 17 Feb 20:40

    Jokowi Akan Konsisten Bangun Infrastruktur

    Jokowi ditanya soal kondisi Indonesia yang saat ini berada di urutan ke-71 berdasarkan global competitiveness report 2018. Hal itu dipengaruhi di antaranya oleh rendahnya konektivitas, kualitas jalan, dan layanan di pelabuhan.

    Jokowi mengaku dalam empat tahun pemerintahannya telah banyak sekali membangun infrastruktur seperti tol, pelabuhan, dan bandara.

    "Inilah yang ingin terus kita lakukan agar konektivitas antar pulau, provinsi, kabupaten/kota tersambung dengan baik. Dengan itu kecepatan, kemudahan transportasi logistik, barang, mobilitas orang akan semakin cepat," kata Jokowi

    "Tanpa ini, lupakan soal daya saing," ujar Jokowi.

    Jokowi juga berjanji akan terus membangun infrastruktur. "Saya akan konsisten untuk terus membangun infrastruktur," katanya.

    Tak hanya soal urusan fisik seperti pelabuhan tapi, dia juga akan terus membangun hal-hal yang berkaitan dengan digitalisasi seperti proyek Palapa Ring yang merupakan backbone dengan broadband berkecepatan tinggi.
  • 17 Feb 20:33

    Ledakan Terdengar di Dekat Lokasi Debat

    Suara ledakan terdengar di lokasi nobar debat capres kawasan Parkir Timur Senayan Gelora Bung Karno, Minggu (17/2). Baca selengkapnya di sini

  • 17 Feb 20:23

    Jokowi dan Prabowo Ambil Undian Pertanyaan Debat

    Dua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto mengambil undian pertanyaan soal infrastruktur. Jokowi mengambil terlebih dulu, diikuti dengan Prabowo Subianto.

    Setelah itu kedua capres mengambil undian untuk pertanyaan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup. Kali ini giliran Prabowo mengambil lebih dulu, diikuti Prabowo Subianto. Selanjutnya kedua capres mengambil undian pertanyaan untuk sesi debat eksploratif.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Jokowi dan Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
  • 17 Feb 20:18

    Jokowi Ingin Tak Ada Kebakaran Hutan Lagi

    Joko Widodo memaparkan visi misinya sesuai tema debat. Kata Jokowi, visinya di bidang energi adalah mewujudkan Indonesia Maju di bidang energi.

    "Ke depan kita ingin sebanyak-banyaknya mengurangi pemakaian energi fosil sehingga pemakaian biodisel akan kita kerjakan," kata Jokowi.

    Lewat pemakaian biodisel, Jokowi mengatakan akan mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

    Lalu, terkait dengan infrastruktur Jokowi mengatakan dalam tiga tahun sudah mengucurkan Rp187 triliun dana desa.

    "Kita telah bangun 191 ribu jalan yang bermanfaat bagi para petani. Sebanyak 58 ribu unit irigasi. Di bidang lingkungan hidup, kita ingin kebakaran hutan dan lahan gambut tidak terjadi lagi dan ini sudah kita atasi. Dalam tiga tahun tidak ada kebakaran hutan dan lahan gambut," kata Jokowi.
  • 17 Feb 20:10

    Prabowo: Saya Hargai Apa yang Dilakukan Jokowi

    Pada segmen pertama, Prabowo memaparkan visi dan misi di bidang energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup. Prabowo juga sempat mengapresiasi Jokowi yang telah membangun infrastruktur selama menjabat sebagai presiden

    "Saya menghargai apa yang sudah dilakukan pak jokowi di bidang infrastrukutr namun namanya demokrasi saya menawarkan strategi bagi rakyat Indonesia," kata Prabowo.

    Dalam pemaparan visinya, Prabowo mengatakan terkait infrastruktur, energi, pangan, dan sumber daya alam, Indonesia harus bisa berdiri di atas kaki sendiri dan membangun kemandirian

    "Kita harus swasembada pangan, energi, air, agar bisa survive sebagai suatu bangsa," katanya.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Joko Widodo dan Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

    Prabowo mengatakan bila mendapat mandat, dia akan menjamin ketersediaan pangan yang dapat dijangkau seluruh rakyat.

    "Kami juga akan segera turunkan harga listrik, harga makanan pokok, pupuk kami akan siapkan sampai ke petani," katanya menambahkan.

    Prabowo mengaku yakin Indonesia bisa berdikari. Menurut dia pokok permasalahan di Indonesia adalah kekayaan nasional tidak tinggal di negeri sendiri.

    "Ini bukan salah siapapun, Ini salah kita semua sebagai bangsa. Mari cari pemecahan masalahnya," kata Prabowo.
  • 17 Feb 20:07

    Tata Tertib Debat

    KPU mengumumkan tata tertib debat. Diantaranya dilarang menyerang personal dan membawa contekan. Para pendukung lawan juga dilarang memprovokasi lawan.

    Rencananya, debat akan dibagi ke dalam enam segmen. Di segmen pertama, para capres akan menjelaskan visi misi di bidang infrastruktur, energi dan pangan serta Sumber daya alam dan lingkungan hidup.

    Di segmen pertama ini, kedua capres juga akan mengambil undian pertanyaan untuk pendalaman visi dan misi. Kemudian juga akan ada debat eksploratif yang merujuk pada video.

    Segmen kedua, para capres akan memberikan pendalaman visi misi di bidang infrastruktur, energi dan pangan. Di segmen ketiga, para capres melakukan pendalaman soal visi misi di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup.

    Segmen empat, KPU akan memutarkan video sesuai tema debat. Nantinya selama 16 menit kedua capres akan beradu gagasan dan diberikan kesempatan untuk menanggapi video dan juga menanggapi pernyataan lawan soal video tersebut.

    Pada segmen kelima, capres diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan saling menanggapi. Pertanyaan seputar tema debat, infrastruktur, energi dan pangan, serta Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

    Di segmen terakhir, masing-masing capres akan memberikan pernyataan tertutup.
  • 17 Feb 19:58

    Debat Dimulai 

    Debat diawali dengan pernyataan Ketua KPU Arief Budiman yang mengundang dua calon presiden Jokowi dan Prabowo ke panggung debat.

    Arief Budiman sempat memberikan sambutan sebelum memulai debat capres kedua. Dia menjelaskan bahwa tema debat capres kali ini adalah infrastruktur, energi dan pangan, Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup.

    Arief Budiman berharap debat kali ini bisa menjadi panduan bagi pemilih sebelum mencoblos, 17 April 2019.

    Usai dua capres berada di panggung, debat dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

    Sejumlah politikus juga berharap agar debat berjalan lancar dan berkualitas. Melalui akun twitternya @AndiArief_, Wasekjen Demokrat Andi Arief berkicau agar debat tak menjadi ajang psywar semata.
  • 17 Feb 19:48

    Prabowo Pakai Jas, Jokowi Kemeja Putih

    Calon presiden Joko Widodo mengenakan pakaian semi formal dalam debat capres kedua malam ini di Hotel Sultan. Jokowi mengenakan kemeja putih tangan panjang. Bagian lengan kemeja dilipat hingga siku.

    Penampilan Jokowi ini tak berbeda jauh dengan gaya busananya saat debat capres pertama, 17 Januari lalu di Hotel Bidakara. Bedanya, saat debat capres, Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin tampak mengenakan peci hitam.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

    Berbeda dengan Jokowi, penampilan calon presiden Prabowo Subianto terlihat formal. Dia datang mengenakan jas hitam lengkap dengan dasi merah dan peci hitam. Penampilan Prabowo ini relatif sama dengan penampilannya pada debat capres perdana.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Joko Widodo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
  • 17 Feb 19:43

    Pendukung Prabowo dan Jokowi Penuhi Lokasi Debat

    Massa pendukung Prabowo Subianto dan Joko Widodo memenuhi arena debat di Hotel Sultan Jakarta. Mereka berbaur bersama para tamu undangan.

    Di luar, tepatnya di depan lobby golden ballroom, kedua massa pendukung dengan atribut masing-masing masih tampak memenuhi area.

    Mereka sibuk meneriakkan yel-yel dukungan untuk jagoannya masing-masing
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Polisi menjaga lokasi debat capres kedua, Pilpres 2019. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
    Aparat keamanan sempat memberikan instruksi kepada para pendukung yang tidak memiliki undangan untuk meninggalkan lokasi. Pasalnya, di lokasi tersebut memang hanya dikhususkan untuk undangan VIP.

    Sejumlah personel polisi kemudian membuat pagar betis guna sterilisasi lokasi.
  • 17 Feb 19:42

    Prabowo dan Jokowi Tiba di Lokasi Debat

    Calon presiden (Capres) nomor urut 01 dan 02, Joko Widodo dan Prabowo Subianto tiba di lokasi debat, Hotel Sultan, Jakarta.

    Prabowo Subianto hadir di arena debat capres kedua di Hotel Sultan, lebih dulu ketimbang Jokowi.

    Pantauan CNNIndonesia.com Prabowo tiba sekira pukul 19.14 WIB. Dia datang dengan mengenakan jas hitam lengkap dengan dasi merah dan peci di kepalanya.

    Prabowo langsung menuju pintu VVIP di lobby samping Hotel Sultan. Tak lupa ia mengacungkan dua jari ke arah media.

    "Siap-siap lah. Nanti kita bicara ekonomi dan pangan," kata Prabowo di Hotel Sultan.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

    Dia juga mengaku siap membicarakan soal lingkungan hidup selama debar nanti.

    "Ya (lingkungan hidup)," kata Prabowo.

    Sebelumnya, menjelang debat, Prabowo melakukan simulasi dengan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan Sandiaga Uno di Kertanegara, Jakarta Selatan.

    Sementara, Jokowi tiba di lokasi debat sekitar pukul 19.23 WIB. Dia didampingi istrinya, Iriana Jokowi.

    Pagi tadi, menjelang debat, Jokowi memulai aktivitas dengan berlari di area Kebun Raya Bogor, Minggu sekitar pukul 09.30 WIB, Minggu (17/2).

    Dari lokasi debat, pendukung kedua capres juga telah berdatangan. Arena debat riuh oleh yel-yel masing-masing pendukung.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019 Joko Widodo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
  • 17 Feb 19:35

    Tujuh Panelis Debat

    Debat kedua capres melibatkan tujuh panelis. KPU sebelumnya menunjuk delapan panelis, namun seorang panelis yakni Pakar Hukum Lingkungan Hidup dari Universitas Airlangga Suparto Wijoyo mengundurkan diri.

    Tujuh panelis itu yakni Rektor ITS Joni Hermana, Rektor IPB Arif Satria, Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati, Ahli pertambangan ITB Irwandy Arif.

    Kemudian Pakar Energi UGM Ahmad Agustiawan, Pakar Lingkungan Hidup Undip Sudharto P Hadi, dan Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika.
  • 17 Feb 19:28

    Beda dengan Debat Pertama

    Debat capres kedua berbeda dengan debat pertama. Dari sisi peserta, format debat, dan tata letak panggung.

    Peserta debat hanya diikuti Capres tanpa calon wakil presiden, Joko Widodo akan beradu gagasan dengan Prabowo Subianto, tanpa Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

    Pada debat capres kedua kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga tidak memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada calon seperti pada debat pertama.

    Format debat masih terdiri dari enam sesi. Namun, di debat kedua ini, ada perbedaan di sesi pertama dan sesi keempat.

    Pada sesi tersebut format debat dibuat eksploratif, atau 'tarung bebas' dengan menggunakan video singkat yang disiapkan tim panelis sebagai pemantik diskusi berupa tayangan. Total durasi debat di sesi keempat 16 menit.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Joko Widodo dan Prabowo Subianto. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
    KPU juga mengubah tata letak panggung debat. Dalam debat kali ini, para pendukung akan duduk di depan kandidat. Pada debat pertama 17 Januari 2019 silam, pendukung duduk di belakang kandidat.
  • 17 Feb 19:24

    Selamat Malam Pembaca CNNIndonesia.com

    Selamat malam pembaca CNNIndonesia.com. Debat kedua calon presiden (Capres) 2019 segera digelar. Debat diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) pukul 20.00 WIB.

    Debat capres kedua mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, infrastruktur.

    Format debat capres kedua berbeda dengan debat pertama karena pada debat kedua ini, hanya menampilkan calon presiden tanpa wakil presiden. Joko Widodo melawan Prabowo Subianto.

    Debat akan dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.
    Live Report: Debat Capres Kedua Pilpres 2019Prabowo Subianto dan Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

    Jumlah undangan yang akan hadir di ruangan debat dibatasi hanya 600 undangan.

    Ribuan petugas keamanan disiagakan untuk mengamankan jalannya debat.

    Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Slamet Hadi mengatakan total sekitar 2.981 petugas gabungan Polri dan TNI yang siap diterjunkan.

    Pengamanan debat dibuat empat lapis dan difokuskan di sekitar Hotel Sultan, hingga kawasan Senayan, Jakarta.

    CNNIndonesia.com juga akan menyiarkan debat capres kedua Pilpres 2019 secara Live Streaming di sini

Related Articles