KPU Pastikan Jokowi Tak Pakai Earpiece saat Debat Capres

CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 14:29 WIB
Sebelum debat dimulai, KPU mengaku sudah memastikan tidak ada satu pun capres yang menggunakan alat bantu komunikasi, termasuk earpiece. Komisioner KPU Wahyu Setiawan memastikan tak ada capres yang pakai alat banut komunikasi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan membantah tudingan yang menyebut calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece pada Debat Capres Kedua Pilpres 2019.

Wahyu menyampaikan KPU sudah memastikan tidak ada satu pun kandidat yang menggunakan alat bantu komunikasi sebelum debat dimulai.

"Capres 01 dan 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu, jadi klir seperti itu," kata Wahyu saat dihubungi, Senin (18/2).


Dia menyebut hingga saat ini belum ada keluhan secara resmi yang disampaikan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke KPU.

Lebih lanjut Wahyu berujar jika ada kandidat yang menemukan pelanggaran di debat capres, harap langsung lapor ke Bawaslu. Hal itu

"Kemarin ada kesepakatan bersama bahwa apabila ada hal-hal yang dirasakan itu merupakan dugaan pelanggaran selama di debat capres kedua, itu dipersilakan melaporkan secara remi ke pada Bawaslu," tuturnya.
KPU Pastikan Jokowi Tak Pakai Earpiece saat Debat CapresJokowi dan Prabowo saat Debat Capres putaran kedua. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Sebelumnya, di media sosial beredar unggahan-unggahan yang menuding calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggunakan alat bantu komunikasi atau earpice pada Debat Capres Kedua Pilpres 2019.

Unggahan tersebut disertai foto Jokowi sedang menekan telinga dan pulpen. Foto itu diklaim sebagai bukti menggunakan alat komunikasi untuk mendengat rumusan jawaban dari tim.

Jokowi sendiri sudah mengklarifikasi kabar tersebut. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan tudingan menggunakan earpiece adalah fitnah.

"Ada-ada saja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," ujar Jokowi di SD Negeri Panimbang Jaya 01, Tanjungjaya, Pandeglang, Banten, Senin (18/2).

[Gambas:Video CNN] (dhf/arh)