Sudirman Said soal Khofifah Disebut Romi: Masya Allah

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 21:45 WIB
Sudirman Said soal Khofifah Disebut Romi: Masya Allah Eks Ketum PPP Rhomahurmuziy sebut Khofifah ikut menentukan lelang jabatan Kakanwil Kemenag. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said nampak terkejut saat tahu nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang menyeret nama Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy. 

"Hah, Khofifah juga? Masya Allah," kata Sudirman nampak terkejut saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/3).

Terkait hal ini Sudirman mengaku prihatin, apalagi bukan hanya Khofifah yang namanya disebut-sebut terkait dalam kasus ini. Nama Menteri Agama Lukman Hakim pun berkali-kali diduga terlibat. 


"Kita prihatin, karena kok seperti rontok satu-satu," kata dia. 


Lebih lanjut, terkait banyaknya orang di lingkungan Presiden Joko Widodo yang terseret dalam kasus korupsi dia menduga karena pengendalian di lingkungan presiden mengalami masalah. 

Mereka, para kaki tangan Jokowi yang ada di pemerintahan menurut Sudirman berani berbuat korupsi lantaran tak adanya pengendalian dan kontrol hingga policy yang tidak sesuai. 

"Ini kita sebut sebagai lingkungan pengendalian di sekitar presiden itu mengalami masalah. mengalami penurunan luar biasa. Terbukti dengan banyaknya kasus ini. lingkungan pengendalian itu artinya sense of control," kata dia. 

Sudirman Said kaget Khofifah disebut Romi di kasus Kemenag. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

"Akibatnya yang seharusnya menjadi penjaga kepentingan publik malah gerogoti kepengan publik," kata Sudirman. 

Sebelumnya, Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Romi) menolak tudingan yang menyebutnya terlibat jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Romi berkilah dirinya hanya sebatas penyampai aspirasi karena dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


Romi bahkan menyebut nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ikut merekomendasikan Haris Hasanuddin menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provisinsi Jawa Timur. Haris diketahui juga ditetapkan tersangka pemberi suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ibu Khofifah Indar Parawansa, misalnya, beliau gubernur terpilih yang jelas-jelas mengatakan 'mas Romi percayalah dengan Haris karena Haris ini orang yang kerjanya bagus," kata Romi di gedung KPK.

[Gambas:Video CNN] (tst/DAL)