Cerita 30 Menit Mukernas Antarkan Suharso Monoarfa Pimpin PPP

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 11:50 WIB
Cerita 30 Menit Mukernas Antarkan Suharso Monoarfa Pimpin PPP Suharso Manoarfa resmi terpilih sebagai Ketua Umum PPP menggantikan Roamhurmuzy. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi telah menetapkan Suharso Monoarfa sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP melalui Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang digelar di Bogor, Jawa Barat Rabu (20/3) malam.

Posisi Suharso menggantikan ketua umum PPP sebelumnya, Romahurmuziy yang terkena kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi menyatakan bahwa Mukernas berjalan mulus. Mukernas PPP itu diketahui berlangsung tertutup bagi awak media.

Arwani, sebagai salah satu pimpinan sidang pada forum itu, bercerita sidang Mukernas dibuka dengan agenda awal menyampaikan hasil rapat pengurus harian DPP PPP yang telah menunjuk Suharso sebagai Plt Ketum kepada peserta.


Setelah itu, kata dia, pimpinan sidang lantas meminta persetujuan bahwa agenda sidang kali ini adalah untuk menetapkan keputusan rapat harian DPP PPP kepada peserta Mukernas yang hadir di tempat tersebut. Diketahui sebanyak 33 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PPP seluruh Indonesia turut hadir dalam forum tersebut.


"Setelah disampaikan ke floor lalu ditawarkan apakah agendanya setuju pengukuhan ketum, lalu setuju semua," kata Arwani di Hotel Seruni, Bogor, Kamis (21/3).

Pimpinan sidang lantas bertanya kepada seluruh peserta atau ke perwakilan DPW yang hadir tentang cara penyampaian pendapat. Hal itu bertujuan agar tiap DPW dapat memiliki hak yang sama dalam menyatakan pendapatnya untuk merespon keputusan rapat harian DPP PPP soal pengangkatan Suharso sebagai Plt Ketum.

Akan tetapi, lanjut dia, forum sepakat mendelegasikan salah satu utusan untuk menyampaikan pendapatnya mewakili seluruh DPW yang hadir untuk merespon hal tersebut. "Jadi satu perwakilan untuk menyampaikan pendapat 34 DPW, diwakili oleh Ketua DPW Banten," kata dia.


Selanjutnya, Arwani menyatakan perwakilan itu menyatakan bahwa seluruh DPW PPP se-Indonesia secara bulat menyetujui pengukuhan Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum PPP. Selain itu, peserta Mukernas juga bersepakat untuk memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, sidang Mukernas untuk menetapkan Suharso sebagai Plt Ketum PPP hanya berlangsung sekitar 30 menit.

Agenda sidang Mukernas itu awalnya berlangsung tertutup. Para pewarta lantas dapat kembali memasuki ruangan sidang pada saat Suharso telah ditetapkan sebagai Plt Ketum oleh peserta Mukernas.

Cerita 30 Menit Mukernas Antarkan Suharso Manoarfa Pimpin PPPMuhammad Romahurmuziy. (CNN Indonesia/M Andika Putra)

"Jadi tidak ada suara yang berbeda. Jadi lancar. kita memang butuh efektivitas pengambilan keputusan agar segera terjun ke lapangan," kata Arwani.

Selain itu, Arwani menyatakan Suharso akan turun langsung ke basis massa PPP di seluruh Indonesia untuk memastikan mesin partai bekerja baik di Pemilu 2019. "Jadi Plt Suharso ini sampai 2021. Setelah ini kita akan mengadakan Rakernas paling lambat 17 Juni," kata dia.

[Gambas:Video CNN] (rzr/ain)