Jokowi Resmikan MRT Pagi Ini

CNN Indonesia | Minggu, 24/03/2019 07:16 WIB
Jokowi Resmikan MRT Pagi Ini Presiden Jokowi akan meresmikan MRT pagi ini. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) pada hari ini Minggu (24/3) mulai pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Dikutip dari akun resmi Twitter MRT Jakarta, di Jakarta, Minggu (24/3), peresmian akan diselenggarakan di Stasiun MRT Bundaran H.I Jakarta Pusat.

Beberapa musikus dijadwalkan turun meramaikan peresmian tersebut. Di antaranya Barasuara, D'Masiv, dan Mytha, di Bundaran H.I. Sedangkan di Stasiun MRT Istora akan diramaikan oleh band Naff secara akustik.


Bertepatan peresmian tersebut juga akan berbarengan dengan acara mingguan Car Free Day di area Bundaran HI.

Layanan penumpang pada hari peresmian MRT Jakarta akan dimulai normal dari pukul 11.00 WIB sampai 17.00 WIB. Pengunjung MRT juga akan dibatasi hingga kuota 80.000 orang.


Pemberlakuan kuota tersebut berdasarkan pada pertimbangan unsur keselamatan dan pertimbangan potensi kerusakan atas fasilitas MRT Jakarta.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta menyesalkan atas perilaku pengguna seperti makan dan minum di stasiun kereta, berdiri dan menginjak kursi kereta serta bergelantungan di kereta yang kesemuanya adalah hasil evaluasi dari 22-23 Maret 2019 di mana pendaftaran belum dilakukan batasan kuota.

Selain meresmikan beroperasi MRT Jakarta Fase I, Presiden Joko Widodo juga akan meresmikan pembangunan MRT Jakarta Fase II yang akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Kota. Rutenya melewati area Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, hingga Kota.

Sehari setelah diresmikan, operasional MRT Jakarta dimulai secara gratis selama satu pekan hingga 31 Maret. Pada 1 April 2019, MRT mulai operasional secara komersial.

[Gambas:Video CNN] (Antara/arh)