Amplop Luhut Disebut untuk Bantu Kiai Berobat

CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 18:42 WIB
Amplop Luhut Disebut untuk Bantu Kiai Berobat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tenaga Ahli Menteri Koordinator Kemaritiman Andrie Wilyanto menyatakan amplop yang diberikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan kepada Kiai Zubair Muntasir di Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan, Madura, untuk digunakan berobat.

Andrie menyatakan sang kiai saat itu baru selesai diamputasi. Luhut yang prihatin dengan kondisi sang kiai pun memberikan amplop kepadanya.

"Pak Luhut cerita ke saya kalau Pak Kiai kan habis amputasi kakinya. Jadi ya ada pemberian sekadarnya buat bantu berobat," kata Andrie kepada CNNIndonesia.com, Rabu (4/4).


Andrie mengatakan kunjungan Luhut ke Pesantren Nurul Cholil dilakukan pada Sabtu (30/3). Namun dia enggan menjelaskan kedatangan Luhut ke sana sebagai menteri atau pribadi. 

"Kiai itu teman lama pak Luhut. Jadi di tengah kunjungan kerja, Pak Luhut sempatkan menengok," katanya.


Sementara itu, politikus Ruhut Sitompul juga membenarkan Andrie dan menyatakan Ruhut datang dalam dua kapasitas yakni sebagai Menteri dan sebagai pribadi. Ruhut pun ikut hadir dalam kunjungan itu.

"Kiai itu teman lamanya Pak Luhut jadi wajar diberi amplop, beliau habis amputasi," kata Ruhut terpisah.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyatakan tindakan Menko Maritim Luhut Pandjaitan memberikan amplop putih kepada Kiai Zubair atas inisiatifnya sendiri.

Aksi Luhut memberi amplop kepada Kiai Zubair beredar di media sosial dalam bentuk rekaman video. Dalam video itu Luhut tampak berbincang dengan kiai lalu memberikan amplop putih.

Juru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily menyatakan pihaknya tidak pernah memberikan arahan ke Luhut untuk memberikan amplop kepada sang kiai.

"Ya. Itu inisiatif Pak Luhut sendiri," ujar Ace saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (4/4). (sah/wis)