Polda Metro Terima 14 Pemberitahuan Demo Hari Buruh 1 Mei

CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 14:28 WIB
Polda Metro Terima 14 Pemberitahuan Demo Hari Buruh 1 Mei Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya hingga saat ini telah menerima 14 surat pemberitahuan terkait rencana aksi hari buruh pada 1 Mei mendatang. Kepolisian mengaku tengah mempersiapkan pengamanan aksi peringatan May Day di Jakarta.

"Sudah ada pemberitahuan ke Polda Metro Jaya, nanti masih kita datakan, kita tunggu, nanti agendanya seperti apa," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/4).

Namun, berapa jumlah personel yang akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan, Argo masih belum bisa memastikan.

Sebab, kata Argo, pihaknya juga masih menunggu informasi detail dari para peserta aksi, baik soal lokasi, kegiatan acara, hingga jumlah massa.


"Masih kita tunggu, masih kita rencanakan," ujarnya.

Lebih lanjut, disampaikan Argo, kepolisian mengimbau agar peserta atau massa yang ikut dalam aksi buruh mendatang bisa menjaga ketertiban. Terutama, bagi peserta yang membawa kendaraan bermotor diimbau agar tidak ugal-ugalan.

"Diharapkan (peringatan hari buruh) tidak menjadi ajang untuk trek-trekkan, yang penting untuk ajang positif," ucap Argo.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin organisasi buruh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat Jumat (26/4), Presiden Jokowi meminta seluruh unsur sepakat peringatan Hari Buruh berlangsung damai.

"Semuanya sepakat bahwa peringatan hari buruh akan dilakukan dengan cara-cara kegiatan-kegiatan yang baik, yang memberikan ketenangan dan damai," kata Jokowi.

Sementara, Presiden KSPSI Andi Gani Nuwa Wea menekankan agar pemerintah membentuk desk perburuhan di kepolisian untuk melindungi hak-hak buruh. Desk perburuan di kepolisian itu bisa menjadi tempat mencari keadilan para buruh.
[Gambas:Video CNN] (dis/dea)