Jam Macet Ibu Kota Diperkirakan Bergeser Selama Ramadan

CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 12:56 WIB
Jam Macet Ibu Kota Diperkirakan Bergeser Selama Ramadan Ilustrasi kemacetan di Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak kepolisian memperkirakan waktu kemacetan arus lalu lintas di Jakarta mengalami perubahan selama Ramadan.

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Muhammad Nasir mengatakan perubahan waktu kemacetan di sejumlah titik di Jakarta terjadi seiring dengan perubahan waktu masuk dan pulang kerja karyawan.

"Perubahan karena jam masuk [dan pulang] kantor berubah," kata Nasir kepada CNNIndonesia.com, Senin (6/5).


Dia menerangkan perubahan waktu macet di pagi hari diperkirakan akan terjadi sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dari yang biasanya pukul 05.00 WIB. Menurutnya, kemacetan itu akan terjadi di sejumlah 'pintu masuk' ke Jakarta dari kota penyangga seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang.


Sementara itu, lanjutnya, kemacetan di waktu pulang kerja karyawan akan berubah menjadi lebih siang sekitar pukul 15.30 WIB dari yang biasanya terjadi sekitar pukul 16.00 atau 17.00 WIB.

Menurut Nasir, salah satu titik kemacetan di Jakarta pada waktu pulang kerja karyawan adalah Semanggi, baik dari arah barat menuju timur ataupun sebaliknya.

"Sentral dari Jakarta kepadatan berpusat di [kawasan] Jembatan Semanggi, termasuk beberapa sentral yang harus diperhatikan baik arah barat ke timur atau timur ke barat. Sekitar jam 15.30 WIB titik puncak," tuturnya.


Berangkat dari itu, Nasir menyarankan agar pengendara tetap menjaga konsentrasi selama berkendara di bulan Ramadan ini. Menurutnya, pengendara yang tengah menunaikan ibadah puasa harus memastikan diri dalam kondisi bugar saat berkendara.

Selain itu, dia juga menyarankan pengendara untuk memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima.

Terakhir, Nasir meminta pengendara untuk menyiapkan seluruh surat-surat administrasi seperti SIM dan STNK karena pihak kepolisian masih menggelar Operasi Keselamatan Jaya hingga 12 Mei mendatang.

"Siapkan administrasi juga karena saat ini Operasi Keselamatan Jaya," ujarnya.


[Gambas:Video CNN] (mts)