Bali Jadi Pembuka Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional di KPU

CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 13:29 WIB
Bali Jadi Pembuka Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional di KPU Ilustrasi rekapitulasi suara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bali jadi provinsi pertama yang akan direkapitulasi di tingkat nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional Pemilu Tahun 2019 akan dimulai hari ini, Jumat (10/5).

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan pihaknya hanya akan menggelar satu panel rapat pleno karena belum semua provinsi selesai rekapitulasi tingkat provinsi.

"Bali dan Bangka Belitung, nah karena hanya dua, kita hanya satu panel dulu. Kalau memang dibutuhkan dua panel supaya teman-teman saksi siap, Bawaslu juga siap, maka itu akan kita lakukan hari berikutnya," kata Arief di Kantor KPU, Jumat (10/5).


Selain Bali, sudah ada empat provinsi yang merampungkan rekapitulasi tingkat nasional, yaitu Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Bali, dan Kalimantan Tengah. Namun KPU baru menerima berkas Bali dan Babel.

Dalam agenda yang dibagikan Humas KPU, rapat digelar 13.00 WIB di Kantor KPU, Jakarta. Rapat pleno akan dihadiri perwakilan Bawaslu, KPU dan Bawaslu provinsi, serta saksi dari para peserta pemilu.

Arief berujar KPU akan mempercepat proses rekapitulasi nasional dengan menggelar dua panel rapat. Hal itu juga dilakukan pada rekapitulasi suara luar negeri.

"Misal kita pastikan dua panel hari Minggu, paling lambat Sabtu harus diberitahukan. Jadi teman-teman bisa menyiapkan siapa yang harus di panel atas bawah," tuturnya.

Rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat nasional digelar sejak 25 April hingga 22 Mei 2019. Namun rekapitulasi tingkat provinsi baru bisa dirampungkan beberapa daerah awal minggu ini.

[Gambas:Video CNN] (dhf/arh)