Pansus Targetkan Pemilihan Wagub DKI Jakarta Selesai Agustus

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 16:43 WIB
Pansus Targetkan Pemilihan Wagub DKI Jakarta Selesai Agustus Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta Bestari Barus. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta Bestari Barus mengatakan proses pemilihan wagub baru ditargetkan selesai tiga bulan ke depan, atau tepatnya pada awal Agustus 2019. Hal itu karena anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 akan segera berakhir masa jabatannya.

"Sekitar Agustus awal sudah pemilihan, itu targetnya," kata Besari di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (20/5).

Bestari mengatakan sejauh ini pihaknya sudah menyelesaikan draft tata tertib proses pemilihan wagub pengganti Sandiaga Uno ini. Draf itu akan dibahas lebih lanjut dalam rapat-rapat yang akan digelar dalam beberapa waktu ke depan.


"Untuk besok akan mulai rapat-rapat, pembahasan draft tatib yang sudah ada tinggal kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan," tutur anggota DPRD DKI Fraksi Partai NasDem ini.

Bestari pun berharap proses tatib akan selesai selama satu bulan. Namun karena terpotong masa hari raya Idulfitri tatib diperkirakan akan selesai satu setengah bulan, tepatnya akhir Juli mendatang.

Karena itu, Bestari juga berharap proses pemilihan wagub DKI dapat rampung kira-kira tiga bulan sebelum masa jabatan anggota DPRD DKI 2014-2019 berakhir. Sekalipun berlanjut ke anggota pansus baru karena bakal ada muka-muka baru di DPRD DKI periode 2019-2024, proses pemilihan yang sudah berjalan tidak diulang dari awal lagi.

"Ya harapannya begitu, atau boleh dilanjutkan oleh anggota yang baru, enggak ada masalah. Yang penting kan Gubernur ini ingin pemilihan wagub cepat. Kami juga ingin ini cepat, dalam tiga bulan sisa masa jabatan ini saya rasa waktunya cukup," ujarnya.

Diketahui, kursi Wagub sudah kosong sejak Agustus 2018 sepeninggal Sandiaga Uno yang maju menjadi cawapres pada Pilpres 2019. Posisi wagub DKI ini kemudian disepakati Gerindra dan PKS selaku partai pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno, bakal menjadi jatah PKS.

PKS baru mengusulkan nama calon pada Februari 2019. Kedua, yakni Achmad Syaiku dan Agung Yulianto yang kemudian akan diperkenalkan ke DPRD DKI Jakarta.

[Gambas:Video CNN] (sas/osc)


BACA JUGA