Sambo Menolak Dikaitkan dengan Pidato Eggi Sudjana

CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 16:15 WIB
Sambo Menolak Dikaitkan dengan Pidato Eggi Sudjana Ansufri Idrus Sambo diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ansufri Idrus Sambo mengaku tak tahu soal pidato makar Eggi Sudjana yang membuat pengacara itu kini menjadi tersangka dugaan kasus makar.

Pengakuan tersebut disampaikan Sambo jelang menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka makar Eggi Sudjana di Polda Metro Jaya, Senin (27/5).

Sambo mengaku hanya mengetahui tempat Eggi berpidato saat diperlihatkan sejumlah foto dan video oleh tim penyidik. Hanya saja dia membantah dirinya terlibat dan tahu kapan serta apa isi pidato tersebut.


"(Pemeriksaan) dalam rangka pidato bang Eggi, saya enggak ada hubungannya. Tahu tempat pidatonya, dikasih fotonya, tapi enggak tahu kapan, ya gitu," kata Sambo ditemui di Gedung Polda Metro Jaya.


Dia pun bingung kenapa dirinya dikait-kaitkan dengan kasus makar yang kini menjerat Eggi. Sebab, kata Sambo, dirinya sama sekali tak ada kaitannya dengan kasus tersebut.

"Ya merasa enggak ada kaitannya. Kenapa disangkut-sangkutin saja," kata dia.

Saat pemeriksaan itu pun kata Sambo dirinya diperlihatkan sejumlah video Eggi saat berpidato. Sejauh ini, kata dia, pihak kepolisian pun masih memeriksa dirinya terkait pidato makar yang Eggi gaungkan pada 17 April lalu di kediaman capres Prabowo di Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Jadi semua video-video bang Eggi ditampilkan, (pertanyaan) saya tahu enggak peristiwa ini, saya enggak tahu, tempatnya saya tahu, tapi enggak tahu kapan-kapan ya," kata dia.


Lebih lanjut, saat ditanya alasan dirinya tak hadiri jadwal pemeriksaan sebelumnya yakni pada 22 Mei, Sambo beralasan harus berbicara dulu dengan pengacara atau penasihat hukumnya.

"Saya ketemu lawyer kan setelah tiga hari setelah itu. Baru saya datang. Setelah saya konsultasi sama lawyer, kata lawyer ya hadapi saja ustaz. Saya pikir ngapain kita harus sembunyi-sembunyi, ya saya hadapi," katanya.

Sambo hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan terkait kasus makar yang menjerat Eggi Sudjana. Selain Eggi, Putri Amien Rais, Hanum Rais pun disebut-sebut tengah menjalani pemeriksaan untuk kasus serupa.

(tst/ain)