BMKG Prediksi Hujan Jelang Lebaran, Pemudik Diminta Hati-hati

CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 18:03 WIB
BMKG Prediksi Hujan Jelang Lebaran, Pemudik Diminta Hati-hati Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuaca cenderung hujan diprediksi bakal terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Barat menjelang hari raya Idul Fitri 2019

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko mengatakan hujan khususnya turun di bagian barat Jawa Barat seperti Banten. Intensitas hujan ini akan tersebar di sejumlah spot dan tidak merata.

"Ada indikasi pengurangan intensitas hujan pada periode kedua, Juni kedua. Ini yang menjadi kewaspadaan kami dan akan kami update kembali," ujar Hary di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (31/5).


Daerah lain yang diprediksi diguyur hujan adalah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

"Ada indikasi hujan sebagian besar Sumatera, Kalimantan dan wilayah Sulawesi," kata Hary.

Dampak dari prediksi ini, Hary mengingatkan agar para pemudik lebih memperhatikan daerah-daerah yang rawan longsor. Tercatat beberapa waktu terakhir sejumlah wilayah di Sumatera masuk dalam kategori rawan longsor.

"Ini yang dirasakan di wilayah Aceh, Sumut dan pesisir Barat Sumut. Satu dan tiga hari yang lalu jadi potensi banjir longsor dan banjir bandang," ucap dia.

Terakhir, Hary juga menyarankan agar masyarakat terus mengecek keselamatan tempat berada melalui INArisk.

INArisk merupakan aplikasi yang bisa memberikan informasi terkait data-data ataupun potensi rawan bencana di satu daerah.

Aplikasi ini bisa menampilkan tempat-tempat yang aman untuk dikunjungi pemudik maupun turis. INArisk dapat diunduh di ponsel dan diakses masyarakat di manapun. (ctr/wis)