Jelang Idul Fitri, Polisi Jaga Masjid dan Tempat Wisata

CNN Indonesia | Senin, 03/06/2019 18:21 WIB
Jelang Idul Fitri, Polisi Jaga Masjid dan Tempat Wisata Polisi bakal melakukan pengamanan di masjid hingga ke tempat wisata. Pengamanan tersebut menjadi bagian dari gelaran Operasi Ketupat 2019. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi bakal melakukan pengamanan di masjid hingga ke tempat wisata. Pengamanan tersebut menjadi bagian dari gelaran Operasi Ketupat 2019.

"Tempat ibadah, istilahnya hari H (Lebaran) ada salat Id, misalnya di lapangan mana di masjid mana, itu semua sudah kita lakukan pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (3/6).

Argo menuturkan untuk pengamanan tersebut, Polda Metro Jaya telah mengerahkan personel dari tingkat Polda hingga Polsek. Diketahui, ada sebanyak 6.226 personel yang diterjunkan dalam rangkaian pengamanan Operasi Ketupat itu.


Selain itu, dikatakan Argo, personel kepolisian juga ditugaskan untuk melakukan pengamanan di berbagai tempat wisata. Di wilayah Jakarta sendiri, antara lain Ancol, Ragunan, Taman Mini, Kota Tua, dan sebagainya.

"Itu semua objek pengamanan," ujarnya.


Di sisi lain, sambungnya, personel kepolisian juga akan terus melakukan pengamanan di lokasi-lokasi pemberangkatan para pemudik, mulai dari pelabuhan, stasiun, hingga bandara.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menerbitkan aturan yang mengatur bahwa objek wisata populer baru akan beroperasi pada hari kedua lebaran.


Aturan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur No. 63 Tahun 2018, tentang Optimalisasi Kegiatan dan Penanganan Pengunjung di Tempat-Tempat Wisata Pada Hari tertentu.

"Dengan beroperasinya tempat wisata di hari kedua Idul Fitri diharapkan bisa menjadi pilihan warga untuk menghabiskan liburan lebaran," kata kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (3/6).

Destinasi wisata yang diatur kembali jam operasional saat libur lebaran, antara lain adalah Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Museum Sejarah Jakarta, Museum Prasasti, dan Museum Joang 45.

Selain itu ada juga Museum MH. Thamrin, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Taman Arkeologi Onrust, Museum Rumah Si Pitung, dan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.


Selanjutnya, ada Kawasan Kota Tua, Kawasan Taman Ismail Marzuki, Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah, Lapangan Banteng dan Tugu Proklamasi.

[Gambas:Video CNN]

(dis/asa)