Arus Balik Lebaran, Tol Cikampek-Jakarta KM 29 Ramai Lancar

CNN Indonesia | Sabtu, 08/06/2019 07:45 WIB
Arus balik di Tol Cikampek-Jakarta dilaporkan masih ramai lancar pada H+3 Lebaran, Sabtu (8/6) pagi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arus balik di Tol Cikampek-Jakarta dilaporkan masih ramai lancar pada H+3 Lebaran, Sabtu (8/6) pagi.

"05:20 Arus balik Tol Cikampek - Jakarta KM 29 Cikarang Utama ramai lancar," demikian pernyataan TMC Polda Metro Jaya melalui Twitter.




Sementara itu, TMC Polda Metro juga melaporkan bahwa kondisi arus lalu lintas di Tol Lingkar Timur Cakung 2 juga masih lancar pada pukul 06.53 WIB.

TMC Polda Metro menyatakan bahwa mereka akan memberlakukan contraflow saat arus balik Lebaran ini pada 7-9 Juni sesuai dengan situasi.

"Pemberlakuan Contra flow tanggal 7,8,9 Juni 2019 bersifat Situasional dimulai KM 29 arah Jkt, apabila jumlah volume kendaraan meningkat arah ke Jakarta, maka akan dilakukan penutupan sementara GT arah Jakarta,antara lain GT Cibatu, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Cibitung, Tambun, Bekasi Timur, Bekasi Barat, Pondok Gede Timur, Pondok Gede Barat.(Khusus arah Jakarta)," demikian pernyataan TMC Polda Metro melalui Facebook.


Sebelumnya, Korlantas Polri sempat memberlakukan sistem buka tutup untuk tempat istirahat atau rest area di sepanjang jalan Tol Cikampek pada Jumat (7/6) siang untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Untuk mengurai kepadatan, sistem satu arah (one way) dan lawan arus (contra flow) sudah mulai diberlakukan di KM 70 hingga KM 65 Tol Cikampek sejak Jumat siang.

Skema rekayasa lalu lintas one way dan contra flow tersebut akan diberlakukan selama arus balik yaitu pada 7-10 Juni. (has/has)