Tekan Macet Saat Balik, Kemenhub Minta Pengguna Tol Tertib

CNN Indonesia | Minggu, 09/06/2019 12:55 WIB
Tekan Macet Saat Balik, Kemenhub Minta Pengguna Tol Tertib Ilustrasi arus balik. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk tertib dalam berkendara di jalan tol. Imbauan diberikan karena masih ada pemudik yang tak tertib dalam berkendara saat arus balik Lebaran 2019.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub Sugihardjo mengungkapkan pada Minggu (9/6) pukul 9 pagi tadi sejumlah pengendara sempat sedikit melawan arah untuk pindah jalur.

Perpindahan jalur dilakukan oleh pengendara di jalur B yang padat ke jalur A (contra flow) yang lengang pada saat rekayasa lalu lintas satu arah (one way) berlaku di KM 70 jalur Tol Jakarta - Cikampek.


Perpindahan dari jalur B, yang normal ke barat, dilakukan pengendara untuk menghindari kepadatan di KM 67 yang merupakan pertemuan antara ruas tol Cikampek dan Cipularang. Hal itu juga untuk mengantisipasi kepadatan di KM 62 di mana terdapat area peristirahatan (rest area).


Padahal, perpindahan yang tidak tertib akan menimbulkan kemacetan. "Kami perlu kesadaran masyarakat untuk kepentingan bersama," ujar Sugihardjo di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019/1440 H Kemenhub, Minggu (9/6).

Saat ini, petugas sudah berhasil mengurai kemacetan di KM 70. Pengguna jalur tol juga tidak lagi melakukan pindah jalur dengan cara melawan arah.

Lebih lanjut, Sugiharjo mengingatkan jika pemudik bisa mengikuti arahan petugas di lapangan, arus kendaraan bisa tetap mengalir dan keselamatan terjaga. Terlebih, kemarin dan hari ini diperkirakan menjadi puncak arus balik pada musim lebaran tahun ini.

"Jika tidak tertib akan merugikan semua pihak karena siang ini masih kami perkirakan arus kendaraan masih terus mengalir," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
(sfr/agt)