Kawal MK, Massa GNKR Bawa Ondel-ondel dan Putar Musik Betawi

CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 11:52 WIB
Kawal MK, Massa GNKR Bawa Ondel-ondel dan Putar Musik Betawi Ilustrasi demo di kawasan MK. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekitar 50 orang yang tergabung dalam Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) menggelar aksi mengawal sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (18/6).

Pantauan CNNIndonesia.com, massa sudah berkumpul sejak pukul 10.00 WIB di sekitar Patung Kuda. Setelah berkumpul cukup banyak, massa kemudian bergerak maju melewati Jalan Medan Merdeka Barat menuju Gedung MK.

Massa aksi tak bisa mendatangi Gedung MK karena akses ke sana ditutup oleh polisi. Aparat memasang pagar besi di sekitar MK sehingga massa hanya bisa sampai di depan kantor Kemenkopolhukam


Massa yang sebagian besar mengenakan rompi kuning ini terdiri kalangan perempuan. Mereka adalah pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selain mengenakan rompi, ada pula beberapa dari mereka yang memakai topi bertuliskan kalimat tauhid dan masker bergambar bendera Palestina.

Massa membawa spanduk besar bertuliskan 'People Need Justice'. Banyak pula membawa poster yang umumnya menyuarakan soal keadilan.

Di antara massa ini berdiri ondel-ondel atau boneka raksasa khas Betawi. Selain ondel-ondel massa juga memutar lantunan musik ala Betawi. Ondel-ondel menari seirama dengan nada yang terdengar dari pengeras suara.


(bmw/wis)