Airlangga Pastikan Maju Lagi Jadi Calon Ketum Golkar

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 18:09 WIB
Airlangga Pastikan Maju Lagi Jadi Calon Ketum Golkar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengklaim sudah mendapat dukungan maju sebagai calon Ketua Golkar dari mayoritas DPD seluruh Indonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan maju kembali dalam pemilihan ketua umum di Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember 2019 mendatang. Airlangga mengklaim sejumlah pengurus daerah sudah memberikan dukungan.

"Insyaallah (maju kembali dalam pemilihan ketua umum Golkar). Ada beberapa daerah sudah memberikan dukungan," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/6).

Menteri Perindustrian itu menyatakan bahwa hampir seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) telah memberikan dukungan dan sikap kepada dirinya untuk kembali menjadi pemimpin partai berlambang pohon beringin periode selanjutnya.


"Sudah hampir semua DPD, sudah memberikan dukungan dan sikap," ujarnya.

Airlangga tak ambil pusing dengan wacana Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang juga Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar, maju dalam bursa perebutan kursi nomor satu di partai yang besar pada era Orde Baru itu.

"Ya namanya Munas Golkar, kan, terbuka untuk publik," tuturnya.

Ia memastikan bahwa Munas Golkar tetap dilaksanakan pada Desember 2019. Hal tersebut sekaligus membantah bahwa Munas Golkar akan dipercepat.

Sebelumnya, Ketua DPD Golkar Jawa Timur Zainudin Amali mengatakan bursa calon Ketua Umum Partai Golkar mendatang baru diisi oleh nama Airlangga dan Bamsoet.

Menurutnya, belum ada nama lain yang bakal mencalonkan diri di luar dua nama itu. Pemilihan ketua umum akan dilakukan dalam rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember 2019 mendatang.

"Belum ada [selain Airlangga dan Bamsoet]," kata Zainudin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Selasa (18/6). (fra/wis)