Polisi Kirim Berkas Tersangka Pengancam Jokowi ke Kejaksaan

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 14:02 WIB
Polisi Kirim Berkas Tersangka Pengancam Jokowi ke Kejaksaan Wakil Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Sam menunjukkan foto HS, pria pengancam Jokowi di depan Bawaslu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya mengirimkan berkas perkara tersangka kasus pengancaman terhadap Presiden Joko Widodo, Hermawan Susanto alias HS. Pengiriman berkas tersebut masih tahap pertama.

"Berkas perkara sudah dikirim ke kejaksaan," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (12/7).

Argo mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu berkas tersebut diteliti oleh jaksa. Jika jaksa menilai ada kekurangan maka berkas akan dikembalikan untuk diperbaiki.


Sebelumnya, HS mengeluarkan ancaman akan memenggal Jokowi lewat video saat ikut demonstrasi di depan Gedung Bawaslu, Jumat (10/5).

"Dari Poso nih, siap penggal kepala Jokowi, Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah," kata HS ketika itu.

Video itu kemudian viral di media sosial. Ia kemudian melarikan diri. Polisi pun memburu dan menangkap HS di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor pada Minggu (12/5) pukul 08.00 WIB.

HS dijerat dengan pasal 104 KUHP tentang makar dan atau Pasal 110 KUHP, Pasal 336 dan Pasal 27 Ayat 4 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

[Gambas:Video CNN] (gst/arh)