Soal Wagub DKI, Tjahjo Sebut Lobi Anies ke Parpol Jadi Kunci

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 13:54 WIB
Soal Wagub DKI, Tjahjo Sebut Lobi Anies ke Parpol Jadi Kunci Mendagri Tjahjo Kumolo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan lobi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke PKS dan Gerindra jadi kunci dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Tjahjo mengatakan undang-undang membatasi pihaknya untuk ikut campur lebih jauh dalam proses pemilihan Wagub DKI.
"Kuncinya ke DPRD, juga kuncinya pada lobi-lobi Pak Anies ke DPRD soal kapan mau diputuskan," kata Tjahjo saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (15/8).

Tjahjo juga menolak permintaan PKS DKI Jakarta yang meminta Kemendagri ikut campur dalam proses pemilihan. Ia berujar terhalang Pasal 174 UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Daerah yang mengatur bahwa pemilihan wagub jadi ranah partai pengusung.


Tjahjo menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan wagub DKI ke Anies, PKS, dan Gerindra. Ia menegaskan tak ada aturan yang membatasi waktu pemilihan wagub.
"Ada kok yang waktunya tinggal setahun, tinggal 18 bulan, baru diputuskan wakilnya," tutur dia.

Kursi Wagub DKI Jakarta kosong usai Sandiaga Uno memutuskan mundur pada pada 27 Agustus 2018. Ia memutuskan maju Pilpres 2019 bersama Prabowo Subianto.

Usai polemik berkepanjangan, PKS dan Gerindra setuju untuk mengajukan dua nama yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun hingga kini belum ada keputusan meski DPRD sudah membentuk pansus terkait hal itu.

[Gambas:Video CNN] (dhf/arh)