Mendagri Imbau ASN Tonton Pidato Kenegaraan Jokowi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 16:11 WIB
Mendagri Imbau ASN Tonton Pidato Kenegaraan Jokowi Mendagri Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran tentang imbauan menyaksikan pidato kenegaraan Jokowi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau para kepala daerah memerintahkan jajaran aparatur sipil negara (ASN) untuk menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (16/8).

Imbauan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 111.1/7937/SJ dan 111.1/7938/SJ tentang Imbauan untuk Menyaksikan Pidato Tahunan, Pidato Kenegaraan, dan Nota Keuangan Tencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RPABN) Tahun 2020 oleh Presiden Republik Indonesia.
"Untuk mendukung upaya penyebarluasan informasi terkait kegiatan kenegaraan dimaksud diimbau agar dapat memerintahkan jajaran pemerintah daerah untuk menyaksikan seluruh rangkaian Pidato Tahunan, Pidato Kenegaraan dan Nota Keuangan RAPBN 2020 oleh Presiden Republik Indonesia," kata Tjahjo dalam surat edaran yang disampaikan Kapuspen Kemendagri Bahtiar, Kamis (15/8).

Tjahjo memerintahkan gubernur, wali kota, dan bupati untuk melaksanakan hal tersebut. Politisi PDIP itu juga meminta para kepala daerah melapor kepada Kemendagri setelah melakukan instruksi tersebut.


Selain kepada ASN, Tjahjo juga berharap pidato kenegaraan Jokowi disaksikan masyarakat luas. Karenanya ia meminta pemda untuk menyebarluaskan informasi.
"Menugaskan pejabat yang membidangi kehumasan, untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat luas terkait kegiatan kenegaraan dimaksud di daerah masing-masing," ujar dia.

Presiden Jokowi dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan bertema 'SDM Unggul, Indonesia Maju' dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR/MPR Jumat (16/8).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga akan berbicara soal APBN 2020 dan beberapa isu sentral, seperti rencana pemindahan ibu kota.


[Gambas:Video CNN] (dhf/pmg)