Gerindra Tak Keberatan Konsep Diterima Tanpa Diberi Menteri

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 20:53 WIB
Gerindra Tak Keberatan Konsep Diterima Tanpa Diberi Menteri Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tak keberatan jika konsep diterima Presiden Jokowi tetapi tak diberi menteri (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklarifikasi soal kabar partainya berharap diberikan kursi menteri urusan pangan dan energi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia mengatakan bahwa Gerindra memang mengajukan konsep ketahanan ekonomi serta konsep tentang pertahanan dan keamanan. Namun, bukan berarti mendesak Presiden Jokowi menerima konsep tersebut dan menteri yang bersangkutan harus dari Gerindra.

"Iya kalau seandainya konsepnya saja yang mau dipakai ya tidak apa-apa, itu namanya juga kita ingin membantu pemerintah," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/10).


"Konsep-konsep itu yang sekarang sedang digodok dan dikomunikasikan dan tidak ada kata-kata bahwa kalau seandainya kita tidak diberi, maka oposisi," lanjutnya. 

Konsep dari Gerindra sendiri sudah sejak lama diajukan kepada Jokowi. Dia mengatakan konsep yang dimaksud merupakan janji kampanye Prabowo Subianto saat Pilpres 2019 lalu.
Jika konsep diterima tapi menteri yang bersangkutan tidak berasal dari Gerindra, Dasco mengaku pihaknya tidak keberatan. Meski begitu, tetap ada harapan Gerindra diberikan kursi menteri untuk menjalankan konsep tersebut.

"Supaya sukses konsepnya bisa direalisasikan janji kampanyenya kepada konstituen, tentunya kita akan meminta kebijakan dari Presiden untuk bisa menempatkan kadernya diposisi itu," kata Dasco yang juga Wakil Ketua DPR 2019-2024.

Sejauh ini, lanjutnya, aspirasi kader-kader Gerindra juga masih cair. Artinya, ada yang ingin Gerindra menjadi oposisi dan ada pula yang ingin membantu pemerintahan Jokowi periode selanjutnya.

Itu semua akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra pada pekan depan.
"Oh masih cair sementara masih cair kita lihat di daerah maupun di DPP maupun dewan Pembina masih berimbang antara yang ingin masuk dan tidak masuk. Sehingga kita akan membulatkan, menyamakan persepsi dan visi pada rakernas tadi," kata dia.

Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono mengatakan pihaknya mengajukan konsep Strategi Dorongan Besar kepada Jokowi. Konsep berisi tentang swasembada pangan serta produksi bioenergi besar-besaran.

"Jika konsep ini bisa diterima dan posisi kabinet yang berhubungan dengan pelaksanaan ini diserahkan, ya Gerindra oke. Kalau tidak diterima ya enggak apa-apa. Tapi kami memilih lebih baik di luar pemerintahan," tutur Sugiono pada Jumat lalu (4/10).
[Gambas:Video CNN] (rzr/bmw)