Rute KRL Terganggu Banjir, Penumpang di Manggarai Menumpuk

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 19:25 WIB
Rute KRL Terganggu Banjir, Penumpang di Manggarai Menumpuk Penumpukan penumpang terjadi karena perjalanan KRL terganggu akibat banjir yang merendam jalur rel di sejumlah titik. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah perjalanan KRL hingga Selasa (25/2) sore masih terganggu akibat rel di sejumlah titik masih terendam banjir. Gangguan perjalanan KRL ini berimbas pada penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun transit.

Pantauan CNNIndonesia.com, sejak pukul 16.30 hingga pukul 17.00 WIB, situasi Stasiun Manggarai padat oleh penumpang. Mayoritas mereka berdatangan menggunakan ojek online dan TransJakarta.

Salah seorang mahasiswa asal Bekasi yang berkuliah di salah satu Kampus Swasta di Jakarta, Alan mengaku sempat bingung, karena tadi pagi kereta yang ditumpanginya hanya berhenti di Stasiun Manggarai. "Tapi tadi dapat info sore sudah bisa," kata dia.


VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba mengatakan, hingga Selasa sore, KRL memang tak bisa melintas di sejumlah titik karena rel yang masih tergenang banjir.

Namun dia memastikan bahwa para penumpang yang sudah terlanjut membeli tiket maupun tap in untuk masuk ke stasiun bisa membatalkan perjalanannya.

"Bagi para pengguna jasa KRL yang terimbas banjir maupun kendala operasional hari ini, dan sudah membeli tiket maupun melakukan tap in pada gate dapat melakukan pembatalan perjalanan di seluruh stasiun hingga tujuh hari ke depan," kata Anne dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]
Anne mengatakan untuk KRL lintas Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota via Manggarai PP dan KRL lintas Bogor - Jakarta Kota PP sudah normal. Namun kedua rute perjalanan itu saat ini masih dalam proses penguraian antrean kereta setelah kendala operasional akibat terganggunya rute KRL lain yang terendam banjir.

Sementara rute yang masih terganggu akibat banjir, yakni KRL lintas Bogor/Depok - Angke/Jatinegara PP yang perjalanannya hanya sampai Stasiun Angke, imbas dari rel Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Kemayoran terendam banjir.

Terendamnya rel Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Kemayoran juga membuat perjalanan KRL lintas Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota PP via Pasar Senen hanya sampai Stasiun Pasar Senen.

Untuk KRL lintas Rangkasbitung - Tanah Abang PP, Lintas Tangerang - Duri PP, Lintas Tanjung Priok - Jakarta Kota PP beroperasi normal.

Tadi pagi, beberapa perjalanan KRL terganggu akibat rel yang terendam banjir. Misalnya perjalanan KRL rute Bogor/Nambo/Depok - Angke/Jatinegara perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai. Pun begitu dengan perjalanan KRL Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota via Pasar Senen perjalanan KA sampai Stasiun Pasar Senen. (yoa/osc)