PPP ke Gatot Nurmantyo: Gereja Juga Tutup saat Wabah Corona

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 01:20 WIB
PPP ke Gatot Nurmantyo: Gereja Juga Tutup saat Wabah Corona Ilustrasi. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi membantah tudingan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang menyebut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penyebaran virus corona (Covid-19) merupakan bentuk fobia masjid.

Awiek, sapaan Baidowi, mengatakan imbauan untuk menghadiri rumah ibadah telah lebih dahulu diterapkan oleh sejumlah negara saat wabah virus corona.

"Arab Saudi pun bahkan menutup umrah, menghindari salat berjamaah. Tidak hanya Islam, tapi juga umat agama lain. Bahkan ibadah di Vatikan, di Betlehem, di gereja-gereja juga ditutup," kata Awiek kepada awak media, Kamis (19/3).


Awiek menegaskan tak ada fobia masjid yang terkandung dalam fatwa MUI tersebut. Ia pun mengingatkan Gatot bahwa imbauan serupa juga pernah terjadi saat kepemimpinan sahabat Rasul.
Wakil Sekjen PPP itu juga mengingatkan Gatot bahwa dalam Islam ada kaidah ushul fiqh 'dar'ul mafasid muqaddamu 'ala jalbil masholih', yang bermakna mencegah kemudaratan lebih diutamakan dibanding mengambil manfaat dari sesuatu.

Menurut Awiek, MUI menerapkan prinsip tersebut. MUI mengutamakan untuk menghindarkan umat Islam terpapar virus corona dibandingkan bersilaturahmi untuk saat ini.

"Prinsip pencegahan itu juga harus diresapi secara rasional, bukan emosional, tidak ada kaitan dengan Islamophobia," ujarnya.
PPP ke Gatot Nurmantyo: Gereja Juga Tutup saat Wabah CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Sebelumnya, MUI mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19, pada Senin (16/3).

Dalam fatwa tersebut, MUI melarang umat Islam yang berada di kawasan rawan corona untuk melakukan ibadah di tengah kerumunan massa. Secara spesifik, MUI melarang mereka melaksanakan Salat Jumat berjamaah, Salat Id, Salat Tarawih berjamaah, dan majelis taklim.
[Gambas:Video CNN]
Fatwa itu direspons mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo lewat akun Instagram @nurmantyogatot. Gatot menyebut ada penggaungan fobia masjid seakan-akan masjid adalah sumber virus corona.

Gatot bahkan mengajak umat Islam tak takut beribadah di masjid. Dia menyebut virus ciptaan Tuhan.

"AYO MAKMURKAN MASJID & GALAKKAN GERAKAN SHOLAT BERJAMA'AH UNTUK MINTA PERTOLONGAN ALLAH..!!
(Jadikan Sholat & Sabar Sebagai Penolongmu..!!) Virus Corona (covid-19) adalah ciptaan Allah dan yg kena pasti juga atas ketetapan Allah.," tulis Gatot dalam akun Instagramnya, Rabu (19/3). (dhf/fra)