Cegah Corona, Polisi Lalu Lintas Setop Razia di Jalan

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 15:13 WIB
Penghentian razia di jalan untuk mengurangi kontak fisik dalam upaya pencegahan penularan virus corona. Polisi memeriksa surat kelengkapan kendaraan bermotor saat razia. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi untuk sementara tak akan menggelar razia di jalan untuk memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan. Razia dihentikan sementara untuk mengurangi kontak fisik warga dengan petugas untuk mencegah penularan virus corona.

"Razia maka dihentikan dulu sementara," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (19/3) di Jakarta.

Selain untuk mengurangi kontak petugas dengan warga, penghentian sementara razia itu juga bertujuan untuk mengurangi penumpukan masyarakat yang mengikuti sidang tilang.


Meski razia dihentikan sementara, Sambodo bilang penindakan tilang terhadap pelanggaran yang dianggap membahayakan pengendara tetap dilakukan.

Antara lain penindakan terkait melawan arus, penggunaan helm, serta melintas di jalur Transjakarta.

"Kami harap masyarakat untuk tetap bisa mematahuhi aturan yang ada saat ini," ujar Sambodo.

Di tengah penyebaran virus corona ini, ada sejumlah kebijakan berkaitan dengan transportasi yang diambil oleh Pemprov DKI. Antara lain, peniadaan sistem ganjil genap hingga penerapan social distancing di transportasi umum.
(dis/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK